AJI Gelar Workshop Bahas Energi Terbarukan

  • Bagikan

radarlampung.co.id- Guna meningkatkan pengetahuan jurnalis dan aktivis tentang energi terbarukan Sustainable renewable energy (SRE) dan Urgensi Penyusunan Perda Pemanfaatan Langsung Panas Bumi di Provinsi Lampung.

Aliansi Jurnalis Independen (AJI) Bandar Lampung bekerjasama dengan Perkumpulan Rumah Kolaborasi (Ruko) akan menggelar workshop sekaligus buka bersama di hotel Bukit Randu, pada Minggu (3/6), sekitar pukul 12.30 WIB.

Ketua AJI Bandar Lampung Padli Ramdan mengatakan, tujuan Workshop ini adalah mengkaji secara komprehensif permasalahan dan regulasi di tingkat pusat dan daerah dalam pengelolaan panas bumi khususnya di Provinsi Lampung.

“Sekaligus memberikan bekal pengetahuan dan pengalaman praktis kepada para jurnalis dan stakeholders terkait permasalahan pengembangan potensi Energi Terbarukan/Sustainable Renewable Energy (SRE),” ujarnya, Sabtu, (2/6).

Lanjut Padli, kegitan ini juga sekaligus mendorong para jurnalis dan stakeholders terkait menyebarluaskan informasi komprehensif terkait permasalahan dan pengembangan potensi Energi Terbarukan/Sustainable Renewable Energy (SRE) melalui berbagai sarana teknologi informasi dan komunikasi yang diperlukan.

Baca Juga:   Satlantas Kembali Gelar Pemberian Vaksin Gratis

“Mendorong dukungan adanya regulasi pemanfaatan langsung (direct use) pengelolaan panas bumi untuk kepentingan masyarakat sekitar khususnya di Provinsi Lampung melalui produk jurnalistik dan artikel terkait,” paparnya.

Kegitan ini pun mendorong realisasi inisiasi Raperda Panas Bumi untuk Pemanfaatan Langsung di Provinsi Lampung yang bermanfaat bagi pengusahaan ekonomi produktif masyarakat sekitar areal kelola WKP panas bumi khususnya di Provinsi Lampung.

Merumuskan bersama rekomendasi pada tingkat nasional dan lokal dalam perencanaan untuk mengatasi permasalahan dan mendapatkan solusi bersama dalam mempercepat pengelolaan dan pengembangan serta pemanfaatan langsung panas bumi untuk mendukung ketahanan energi nasional dan kesejahteraan masyarakat lokal.

“Mencarikan solusi permasalahan hambatan regulasi dan kendala dalam pengelolaan dan pemanfaatan Energi Terbarukan/Sustainable Renewable Energy (SRE khususnya panas bumi di Provinsi Lampung untuk mencapai target Lampung bebas dari krisis energi dan menjadikan daerah Lampung Mandiri Energi,” kata dia.

Baca Juga:   Belum Vaksin Dosis Kedua, Besok Bisa Datang ke Puskesmas

Dia menambahkan, Peserta workshop ini adalah sebanyak 40 orang jurnalis dari beragam platform media massa di Lampung bersama para pemangku kepentingan mewakili LSM/NGO dan para pihak terkait lainnya.

“Perkumpulan Rumah Kolaborasi (Ruko) Lampung bekerjasama dengan Aliansi Jurnalis Independen (AJI) Bandarlampung di Lampung yang bersama-sama berkontribusi dalam pelaksanaannya, sehingga diharapkan berlangsung dengan lancar dan sukses mencapai tujuan yang diharapkan,” pungkasnya. (ndi/ang)




  • Bagikan