Akhir Maret, KPU Mulai Setting Surat Suara ke Sampul

  • Bagikan
Petugas saat merapihkan surat suara di gudang KPU, Wayhalim, Bandarlampung, Minggu (10/3). FOTO M.TEGAR MUJAHID/ RADARLAMPUNG.CO.ID

RADARLAMPUNG.CO.ID – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Lampung kini telah menyelesaikan tahapan pelipatan dan sortir surat suara 12 kabupaten/kota. Terakhir, Metro telah menyelesaikan pelipatan dan sortir surat suara Minggu (10/3) sore.

Sukatno, Ketua KPU Metro mengatakan kepada radarlampung.co.id pada pukul 17.00 WIB pelipatan telah selesai. Namun surat suara yang rusak selama sortir dan pelipatan sedang didata.


Menanggapi hal ini, Komisioner KPU Lampung Divisi Logistik Erwan Bustami mengatakan beberapa daerah lain yang belum menyelesaikan pelipatan dan surat suara akan dikebut. Seperti Pringsewu yang ditargetkan Senin atau Selasa. Bandarlampung masih proses pelipatan, sementara Lamsel masih menunggu kedatangan surat suara yang masih belum lengkap.

“Jadi yang sudah pelipatan itu 12 kabupaten kota, yang belum Pringsewu (Selasa), Lamsel, dan Bandarlampung sedang proses,” sebut Erwan melalui ponselnya Minggu (10/3).

Setelah sortir, Erwan mengatakan nantinya seluruh KPU akan membuat berita acara peliapatan surata suara. Di mana nanti akan berisikan surat suara rusak dan kurang.

“Dari hasil sortir dan pelipatan mereka buatkan berita acara, berapa yang layak dan berapa banyak yang rusak. Nah yang rusak itu nanti kita mintakan penggantinya bersamaan dengan distribusi surat suara yang masih kurang DPT plus 2% per TPS,” bebernya.

Nah, untuk kekurangan dan kerusakan akan disampaikan menunggu seluruh surat suara selesai dilipat se-Lampung. Bersamaan dengan kekurangan surat suara sehingga bisa sekaligus sampai langsung di KPU kabupaten/kota.

Bagi KPU yang telah menyelesaikan pelipatan, Erwan mengingatkan untuk menjaga gudang penyimpanan logistik. Ya, akhir Maret akan dilakukan pengepakan surat suara ke sampul, karena saat ini KPU kabupaten/kota sedang menyeting formulir.




  • Bagikan