Akhir Tahun, Capaian Vaksinasi Covid-19 di Lampura Diangka 80%

  • Bagikan

 

Radarlampung.co.id – Target Vaksinasi di wilayah Kabupaten Lampung Utara (Lampura) sampai akhir tahun diangka 80 persen.


Pelaksana tugas Kadiskes Lampura, dr. Maya Natalia Manan mengatakan bahwasanya ketersediaan vaksin menjadi kendala yang dihadapi belakangan, dalam upaya percepatan vaksinasi di Lampura.

“Makanya kita berupaya maksimal dalam menyediakan dosis vaksin, saya tegaskan disini tidak hanya difasilitas-fasilitas pelayanan kesehatan pemerintah saja yang melaksanakan penyuntikan vaksinasi ini. Melainkan juga ditempat lain, seperti organisasi kemasyarakatan, TNI-Polri sampai kepada parpol,” ungkap dr.Maya disela kegiatan senam bersama Forkopimda dan jajaran dalam peringatan hari kesehatan nasional (HKN) ke-57 dan HUT Yayasan Jantung Indonesia (YJI) ke-40 dipusatkan di lapangan parkir Stadion Sukung, Kelapa Tujuh Kotabumi, Kamis, (18/11).

Menurutnya, ketersediaan dosis vaksin dilapangan masih memenuhi kebutuhan masyarakat. Selain difasilitas yang telah ditentukan melakukan penyuntikan, juga turut disumbang dalam moment kegiatan bersifat ceremonial lainnya.

Baca Juga:   Gedung Instalasi Oksigen RSUDAU Diresmikan, Sehari Produksi 12 Tabung

“Ya contohnya pada hari ini, selain membumikan gerakan pola hidup sehat dan bersih (PHBS) dan Gerakan masyarakat hidup sehat (GERMAS) melalui olah raga senam bersama,” kata dia.

“Juga dilaksanakan vaksinasi bagi warga yang belum melakukan vaksinasi covid-19 disana, dan ini dilaksanakan juga di moment-moment lainnya. Sehingga mereka tidak sempat ke fasilitas kesehatan atau tempat dijadikan pelayanan dapat terakomodir,” Tambahnya.

Pemerintah daerah juga tak diam, namun tetap berupaya memenuhi kebutuhan vaksin dilapangan. Dalam upaya mengejar target yang telah ditetapkan disana. Baik itu melalui koordinasi langsung dengan provinsi, juga jemput bola.

“Ini termasuk dengan percepatan dilakukan dilapangan, kita berupaya jemput bola menyasar wilayah perdesaan bahkan sampai kepada rukun tetangga (Rt) dan Rukun Warga (Rw),” kata Bupati Lampura, Budi Utomo.

Baca Juga:   Viral, Diduga Frustasi Video Asusilanya Tersebar, Siswi Asal Lampura Mencoba Bunuh Diri

Selain itu, orang nomor satu di Bumi Ragem Tunas Lampung (Ratula) tersebut mengingatkan masyarakat untuk dapat tetap mematuhi protokol kesehatan sesuai pesan ibu. Sebab, meski telah divaksin namun tak mematuhi masih memungkinkan dapat terjangkit.

“Yakni 5 M, memakai masker, mencuci tangan, menjaga jarak, menghindari kerumunan serta mengurangi mobilitas. Dan melalui moment ini pula saya mengingatkan untuk terus menjaga vitalitas melalui pola hidup sehat dan bersih, dengan makan makanan bergizi dan tak lupa berolah raga karena penyakit mengintai itu banyak seperti Jantung misalnya yang masih menjadi momok di Indonesia,” ujarnya. (ozy/yud)





Baca Selengkapnya...





  • Bagikan