Akhir Tahun Dinkes Kejar Vaksinasi Dosis Kedua, Vaksin Anak Usia 6-11 Dimulai Tahun Depan

  • Bagikan
Kepala Diskes Lampung Reihana. Foto Rimadani Eka Mareta/radarlampung.co.id

RADARLAMPUNG.CO.ID-Fokus target vaksinasi Covid-19 di Provinsi Lampung tidak hanya pada suntikan pertama, melainkan juga pada dosis kedua. Hal inilah yang diungkapkan oleh Kadis Kesehatan Provinsi Lampung, Reihana yang ditemui di Swissbell-Hotel Bandarlampung, Rabu (24/11). “Kita sedang kejar vaksinasi dosis ke dua, karena baru setengahnya vaksin pertama,” beber Reihana.

Hal ini guna mencapai herd immunity yang ditarget pada Desember mendatang. Untuk dosis pertama ditarget akhir tahun mencapai 70%. Karena itulah tidak hanya dosis pertama, Reihana juga mengatakan untuk dosis kedua juga kian digencarkan.


“Iya target akhir Desember herd immunity 70% vaksin pertama bisa. Tapi kita harus kerja keras. Kita sudah buat simulasi minimal 500 dosis per puskesmas per hari asal dosis vaksin tersedia, apalagi vaksin saat ini agak lambar ya, tapi kami berupaya semaksimal mungkin,” tambahnya.

Baca Juga:   Muktamar ke-34 NU Sesuai Jadwal Awal, Penggugat Cabut Gugatan

Sementara dari total sasaran vaksinasi Covid-19 di Lampung, sebanyak 6.645.226, Vaksinasi dosis pertama 62,06% atau sebanyak 4.124.112 masyarakat di Lampung telah menerima vaksin dosis pertama. Sementara dosis kedua baru 32,08% atau baru 2.131.976 masyarakat Lampung telah di vaksin.

Beberapa daerah juga masih menjadi catatan usai nilai vaksinasinya dinilai kurang dari 50%. Daerah tersebut seperti Lampung Timur, Pesisir Barat, Lampung Barat. “Yang jelas kami tetap berupaya agar semuanya bisa mendapatkan vaksin,” tambahnya.

Sementara untuk vaksin anak yang berusia 6 sampai 11 tahun belum dapat dilakukan. Sebab saat ini masih dalam tahapan persiapan. Termasuk soal pendataan. “Untuk vaksin anak usia 6-11 tahun dilakukan 2022, sekarang baru persiapan, pendataan, logistik disiapkan,” tambahnya. (rma/wdi)





Baca Selengkapnya...





  • Bagikan