Mesuji  

Akhir Tahun, Harga Karet di Mesuji Turun


foto dok jawapos.com

RADARLAMPUNG.CO.ID – Harga karet di Kabupaten Mesuji pada akhir tahun 2021 mengalami penurunan pada Senin (27/12).

Untuk Kadar Karet Kering (KKK) 55 persen, harga komoditas unggulan masyarakat Mesuji ini hanya Rp 11.825 per kilogram. Harga tersebut lebih rendah sebesar Rp.110 jika di bandingkan harga, pada Senin (20/12) lalu yang mencapai Rp 11.935 per kilogramnya.





Kepala Bagian (Kabag) ekonomi dan Pembangunan (Ekbang) Mesuji, Arif Arianto mengatakan, pada pekan terakhir di bulan Desember ini, harga karet mengalami penurunan tipis yakni sekitar Rp110.

“Harga karet pada pekan ini Rp. 11.825 sedangkan pada Minggu lalu harganya Rp 11.935,” Ungkap Arif kepada radarlampung.co.id, Senin (27/12).

Menurutnya, Harga kadar karet kering 55 persen tersebut terpantau di PT Tunas Baru Lampung (TBL) dan penentuan harga sangat tergantung dengan perdagangan internasional.

Sedangkan, harga komoditas lainnya di Kabupaten Mesuji seperti sawit hingga saat ini harga nya masih perkasa di angka Rp3.130 perkilogram nya.

Harga TBS sawit naik sebesar 30 rupiah per kg pada pekan terkahir Desember ini. Hal itu setelah menerima data perkembangan harga tandan buah segar (TBS) sawit sejak beberapa hari ini dari pabrik yang tersebar di sejumlah wilayah di Kabupaten Mesuji. (Muk/yud)