Akhirnya, KMP Amadea yang Kandas dapat Dievakuasi

  • Bagikan

 

Radarlampung.co.id – Kapal Ferry KMP Amadea yang kandas di perairan Pulau Kandang Lunik Bakauheni sejak Rabu (29/12) malam, akhirnya dapat dievakuasi pada Kamis (30/12) sekitar pukul 12.15WIB atau 14 jam saat terjadi kandas.



Kapal berhasil dievakuasi dengan cara ditarik menggunakan kapal Tugboat dengan memanfaatkan mulai pasangnya air laut. Setelah berhasil dievakuasi, KMP Amadea kembali ke pelabuhan Bakauheni.

Evakuasi kapal itu dilakukan oleh tim Sar gabungan, Basarnas, Balai Pengelola Transportasi Darat (BPTD), PT. ASDP, Satuan Polisi Perairan (Satpolair), dan Kantor Kesyahbandaran Otoritas Pelabuhan (KSOP).

Setelah tiba di Pelabuhan Bakauheni, tepatnya di dermaga 6, para penumpang dipindahkan ke kapal lainnya untuk melanjutkan perjalanan ke Pelabuhan Merak Banten.

Kepala BPTD Wilayah VI Provinsi Bengkulu dan Lampung, Sigit Mintarso mengatakan, pihaknya sempat melakukan evakuasi beberapa penumpang saat kapal itu masih dalam posisi kandas.

“Penumpang yang dievakuasi terlebih dahulu adalah penumpang yang memiliki keperluan mendesak dan sedang sakit,” Ungkap Sigit, Kamis (30/12).

Menurutnya, penyebab kandasnya kapal yang membawa penumpang sebanyak 342 orang dan 97 unit kendaraan itu karena adanya cuaca buruk yang sebelumnya tidak terprediksi.

“Kapal berangkat seperti biasanya dan pada saat keluar dari pelabuhan angin memang bertiup kencang. Dari info yang kami dapat itu kecepatan angin 19 -21 knot sehingga memang dengan arus yang cukup kuat lalu kapal terbawa arus,” ujarnya.

Sementara, KSOP Kelas IV Bakauheni, Capt. Tommy Aronda menjelaskan, para penumpang kapal telah diberikan keperluan-keperluan selama kapal itu kandas, seperti makanan dan minuman.

“Sebagian kita ada dikapal dan kita memberikan bantuan dalam hal apa-apa yang dibutuhkan penumpang. Makan dan minum mulai dari tadi malam sampai siang ini,” Katanya.

Menurutnya, KMP Amadea sudah memenuhi semua unsur keselamatan dan keamanan pelayaran, sehingga cuaca merupakan faktor utama penyebab kandasnya kapal itu.

“Kapal pada intinya memenuhi semua unsur keselamatan dan keamanan pelayaran. Terkait dengan cuaca itu memang diluar kendali dari pada kita,” Katanya.

Dia menambahkan, KMP Amadea, nantinya akan dilakukan pemeriksaan terlebih dahulu untuk beberapa waktu sebelum dapat kembali digunakan untuk mengangkut penumpang.

“Kapal berhasil keluar dari kandas atas kerjasama tim yang ada dilapangan. Kedepannya nanti ada pemeriksaan lebih lanjut,” Pungkasnya. (yud)






  • Bagikan