Aksinya Viral di Medsos, Komplotan Bajing Loncat Diringkus Polisi


RADARLAMPUNG.CO.ID – Tiga pelaku bajing loncat yang beraksi di Jalan Soekarno Hatta (Bypass), Way Lunik, Panjang, Bandarlampung, diamankan polisi. Ketiga pelaku anak di bawah umur yakni RP(17) warga Panjang, AW (16) Warga Panjang, dan IP (18) Warga Lampung Selatan.

Kasatreskrim Polresta Bandarlampung, Kompol Devi Sujana mengatakan Tim Gabungan Anti Begal Polda Lampung, Polresta dan Polsek Panjang sudah mengamankan ketiga tersangka.





Saat di amankan barang bukti yang diambil mereka yakni dua karung kacang kedelai seberat 50 Kilogram.  “Sudah kita amankan, aksi mereka itu memang meresahkan sopir-sopir yang melintas. Kejadian pada Minggu (8/5) kemarin sekitar jam lima sore,” katanya pada Selasa, (10/5). saat ekspos di Mapolresta Bandarlampung.

Baca Juga:   Lagi, Kejati Periksa 4 Saksi Terkait Dana Hibah KONI

Dijelaskannya bahwa, para pelaku mengambil barang berupa kacang kedelai curah yang dimuat dari Pelabuhan Panjang. Dan akan dibongkar digudang Padi Mas, Sukarame.

Adapun cara pelaku mngambil barang tersebut adalah memanjat mobil fuso yang sedang berjalan melalui pintu belakang. Lalu kedua pelaku RP dan AW bertugas memanjat pintu belakang mobil fuso, dan sudah menyiapkan karung kosong sehingga memasukkan kacang kedelai dalam karung.

Saat pemeriksaan, Devi menduga tiga pelaku melakukan beberapa kali tindakan serupa. “Pengakuan dari tersangka baru melakukan kemarin,” katanya.

Meskipun kerugian dibawah Rp2 juta, lanjut Devi proses tersebut dirinya pastikan tetap berlanjut. “Agar memberikan efek jera karena tindakan mereka meresahkan masyarakat,” kata dia.

Baca Juga:   Polda Lampung Amankan Wanita Bercadar Putih yang Resahkan Warga Pringsewu

Barang bukti yang diamankan adalah dua karung kedelai 50 kg dan 1 sepeda motor digunakan mereka. Terhadap tiga orang pelaku tersebut, Devi menyampaikan pasal 363 ayat 4. “Dengan ancaman hukuman 7 tahun maksimal,” jelasnya.

Sementara salah satu pelaku IP mengawal dari belakang menggunakan sepeda motor, setelah berhasil mengambil kacang mereka jatuhkan dan membawa pergi karung dengan sepeda motor. “Barang yang di ambil belum sempat di jual, polisi sudah meringkus di kediaman masing-masing mereka,”kata IP

Ia melanjutkan, saat ini ketiga pelaku sedang dalam penyelidikan lebih lanjut, untuk menentukan pasal pidana atau peringatan terhadap kawanan bajing loncat. “Hasil pemeriksaan nanti akan di kabarkan kembali,” katanya.

Baca Juga:   Pelaku Curanmor Rusak Gembok Pagar, Korban: Nggak Kedengaran Sama Sekali, Sangat Cepat

Sementara, Sopir Fuso Supranudin (54) mengaku aksi kawanan bajing loncat itu kerap meresahkan para sopir. Dimana jika kehilangan barang mereka yang menanggungnya. “Kalau pemilik barang gak tau menau, kami yang kena komplein, dari mana mau gantinya,” katanya.

Ia melanjutkan, barang tersebut di muat dari pelabuhan Panjang dan rencana akan di kirim ke daerah Bandarlampung. (gie/ang)