Tuba  

Alat Berat Bantu Evakuasi Fuso Masuk Jurang, Jalinsum Macet Berkilo-kilo


Personil Satlantas Polres Tulangbawang dibantu warga membantu evakuasi fuso yang masuk jurang. Foto M. Zainal Arifin/Radarlampung.co.id 
Personil Satlantas Polres Tulangbawang dibantu warga membantu evakuasi fuso yang masuk jurang. Foto M. Zainal Arifin/Radarlampung.co.id 

RADARLAMPUNG.CO.ID – Satu unit kendaraan Mitsubishi Fuso bernopol BL 8133 KD masuk ke dalam jurang di pinggir jalan lintas sumatera (Jalinsum), lingkungan bugis, Kecamatan Menggala.

Tidak ada korban jiwa dalam peristiwa tersebut. Meski begitu evakuasi kendaraan berlangsung dramatis dan memakan waktu lama karena seluruh badan fuso masuk ke dalam jurang.





Zulfikar Batubara (26), sopir kendaraan fuso saat ditemui Radarlampung.co.id bercerita jika kendaraannya masuk ke dalam jurang sejak Sabtu (26/3) lalu.

Awalnya kendaraan bermuatan barang kelontongan tersebut melaju dari arah Jakarta menuju Medan.

Saat melintas di Jalinsum lingkungan bugis, Menggala, tiba-tiba ada kendaraan yang berhenti mendadak di depannya.

Karena panik dan rem kendaraan saat itu blong, Zulfikar membanting setir ke arah kiri sehingga masuk ke dalam jurang di pinggir jalinsum.

Proses evakuasi berlangsung dramatis. Menghabiskan waktu berjam-jam. Akibatnya Jalinsum sempat mengalami kemacetan sekira lima kilometer.

“Tadi mulai evakuasi sekitar jam 13.00 WIB,” kata Zulfikar kepada Radarlampung.co.id, Selasa (29/3).

Satu unit alat berat dan mobil pengangkut alat berat diterjunkan. Satlantas Polres Tulangbawang dibantu warga gotong royong membantu proses evakuasi.

Berdasarkan pantauan Radarlampung.co.id, evakuasi berlangsung dramatis sebab besi pengait untuk menarik fuso beberapa kali sempat terlepas.

Di lokasi juga terpantau petugas PLN karena satu tiang listrik ikut ringsek akibat tertabrak kendaraan saat terjun ke jurang.

Kendaraan fuso sendiri akhirnya berhasil dievakuasi sekitar pukul 16.10 WIB. Sekira pukul 16.30 WIB kemacetan berangsur mulai terurai.

Usai berhasil dievakuasi, fuso tersebut kemudian ditarik menggunakan kendaraan pengangkut alat berat ke unit lakalantas beserta sopirnya. (nal/sur)