Alhamdulillah…, Ratusan KPM di Lamteng Graduasi Mandiri


Radarlampung.co.id – Pada 2021, sebanyak 845 Keluarga Penerima Manfaat (KPM) Program Keluarga Harapan (PKH) di Lampung graduasi mandiri. Hal ini lantaran mereka sadar ada yang lebih layak menjadi KPM PKH.

“Artinya ada kesadaran diri bahwa ada yang lebih layak menjadi KPM PKH. Tentunya ini juga peran para pendamping PKH di lapangan,” ungkap Kepala Dinas Sosial Lamteng Haris Fadillah.





Guna meningkatkan perekonomian masyarakat KPM PKH, kata Haris, pihaknya bekerja sama dengan Badan Amil Zakat Nasional (Baznas). “Lewat Baznas, KPM PKH bisa meminjam modal usaha tanpa bunga. KPM bisa menjadi produktif dan tidak lagi menjadi KPM PKH,” ujarnya.

Dampak pandemi Covid-19, lanjut Haris, ada penambahan KPM PKH.

Baca Juga:   Kadisdikbud Lamteng Sentil Kepsek terkait Penggunaan Dana BOS

“Per November 2021, KPM di Lamteng ada sekitar 71.740. Nah, tahun ini ada penambahan sekitar 3.000-an KPM. Ya, mungkin karena dampak Covid-19 yang membuat perekonomian masyarakat menurun,” ungkapnya.

Sedangkan Bupati Lamteng Musa Ahmad mengapresiasi KPM PKH yang graduasi mandiri.

“Saya apresiasi kepada KPM PKH yang menyatakan graduasi mandiri. Sebab, PKH ini memang diperuntukkan untuk keluarga yang sangat membutuhkan. Sasarannya ya mengentaskan kemiskinan,” katanya.

Kepada KPM PKH, Musa meminta memanfaatkan program pemerintah untuk berwirausaha produktif.

“Jangan jadikan program pemerintah untuk mengentaskan kemiskinan dimanfaatkan untuk hal yang kurang bermanfaat atau foya-foya!” tegasnya. (sya/sur)