Alokasi Bantuan Bibit Jagung 2021 Belum Ada, Distan Tubaba Imbau Petani Tanam Mandiri

  • Bagikan

RADARLAMPUNG.CO.ID-Dinas Pertanian Kabupaten Tulangbawang Barat (Tubaba) Provinsi Lampung, mengimbau masyarakat petani yang ingin menanam jagung pada tahun 2021 ini, agar dilakukan secara mandiri. Hal itu disampaikan Kepala Dinas Pertanian Tubaba, Syamsul Komar, didampingi Yayit Zamhuri, selaku Kepala Bidang (Kabid) Tanaman Pangan dan Holtikultura, diruang kerjanya, Senin (7/6).

Menurutnya, imbauan yang diberikan tersebut disampaikan karena pada tahun ini belum ada tanda-tanda adanya alokasi bantuan bibit jagung dari Pemerintah Pusat seperti pada tahun 2020 lalu, yang mana kala itu Tubaba mendapat alokasi sebanyak 4.219 Hektare.

“Oleh karenanya, kami mengimbau agar masyarakat tidak bergantung pada bibit bantuan pemerintah, dan mengingat saat ini sudah mulai memasuki musim gadu, maka masyarakat yang tidak lagi menanam padi disarankan untuk segera menanam jagung di lahannya secara mandiri terlebih dahulu.”ungkapnya.

Baca Juga:   Ketua TP PKK Tubaba Kornelia Umar Hadiri Peningkatan Literasi di Provinsi Lampung

Kendati demikian, lanjut dia, Dinas Pertanian Tubaba juga akan tetap meminta kepada para Kelompok Tani untuk mengusulkan bantuan bibit tersebut, untuk berjaga-jaga bila ada bantuan pada perubahan Anggaran di pertengahan tahun ini. Tetapi sementara menunggu informasi itu, maka lebih baik ditanam secara mandiri.

“Meskipun belum ada bantuan Pemerintah, diharapkan masyarakat Petani dapat tetap berjalan dan produksi jagung di Kabupaten Tubaba tahun ini dapat tetap meningkat dengan target 5 ton per hektar, apalagi sudah beberapa tahun belakangan ini untuk Sawah Irigasi kurang Optimal akibat dari perbaikan aliran Way Rarem, sehingga tanaman Jagung adalah tanaman yang disarankan sebagai pengganti dari Padi.” Imbuhnya. (fei/rnn/wdi)



  • Bagikan