Amorphophallus Titanum Becc Mekar Sempurna di KRL

  • Bagikan
Bunga bangkai raksasa (Amorphophallus Titanum Becc) mekar sempurna di Kebun Raya Liwa, Lampung Barat. FOTO NOPRIADI/RADARLAMPUNG.CO.ID

RADARLAMPUNG.CO.ID – Amorphophallus Titanum Becc atau bunga bangkai raksasa (suweg raksasa) kembali mekar di Kebun Raya Liwa (KRL) sejak Senin (3/1). Sebelumnya, satu spesimen mekar sempurna pada Desember 2021.

Kepala UPT KRL Khoirul Umur mengatakan, bunga langka dari Family Araceae (Talas-talasan) mekar sempurna di areal tanam hias bagian bawah KRL.



“Bunga ini merupakan spesimen ke empat mekar di tempat sama. Sebelumnya juga pernah mekar untuk pertama kalinya di lokasi ini pada tahun 2019, dengan jumlah dua spesimen. Kemudian akhir tahun 2021 satu spesimen dan awal 2022 satu spesimen,” kata Khoirul didampingi petugas Taman Aracea Cakra Aditama.

“Keseluruhan Amorphophallus Titanum ini didapatkan dari hasil eksplorasi mandiri oleh staf teknisi Kebun Raya Liwa pada 2018 di Pekon Sukaraja, Kecamatan Batubrak,” imbuhnya.

Selain itu, ada juga Amorphophallus Paeoniifolius atau Suweg, mekar secara bersamaan pada hari, tanggal, bulan, serta tahun yang sama. Tepatnya di Taman Araceae di pusat pembibitan Kebun Raya Liwa. (nop/ais)






  • Bagikan