Anang Hendra vs Yanuar, Inilah Visi-Misinya Jadi Wabup Lamteng

  • Bagikan

RADARLAMPUNG.CO.ID – Anang Hendra Setiawan dari Partai Demokrat dan Yanuar Syarif dari Partai Amanat Nasional (PAN) beradu visi-misi untuk menjadi wakil bupati Lampung Tengah mendampingi Bupati Loekman Djoyosoemarto, Jumat (13/12). Visi-misi yang dipimpin Ketua DPRD Sumarsono didampingi Wakil Ketua II Firdaus Ali, dan Wakil Ketua III Muslim Anshori disampaikan dalam Rapat Paripurna DPRD Lamteng tentang penyampaian visi-misi cawabup Lamteng masa jabatan 2016-2021.

Anggota Pansus Pilwabup Lamteng Joni Hardito dalam laporannya menyatakan pansus terdiri atas delapan orang. “Pansus ada delapan orang. Yakni tujuh perwakilan fraksi dan sekretaris dewan. Panitia sudah menjalankan tugas secara maksimal,” katanya.

Staf Ahli Bupati Lamteng Eko Dian Susanto mewakili Bupati Lamteng Loekman Djoyosomarto berharap dengan terpilihnya wakil bupati dapat bersama-sama membangun daerah yang dicintai ini lebih maju lagi. “Mudah-mudahan dengan terpilihnya wakil bupati bisa sama-sama membangun Lamteng lebih baik lagi,” ujarnya.

Anang menyatakan penyampaian visi-misi adalah wujud komitmen politiknya terhadap masyarakat Lamteng. “Rumusan visi-misi ini disampaikan secara terukur. Terpenting adalah sejalan dengan visi-misi bupati Lamteng saat ini yang sifatnya mengisi kekosongan sisa masa jabatan kurang lebih 1 tahun sesuai dengan ketentuan UU yang berlaku,” katanya dalam penyampaian pertama dengan waktu 5 menit.

Ketua DPC Partai Demokrat Lamteng ini menyatakan visi-misinya menjadikan Lamteng aman, maju, sejahtera, dan berdaya saing “Yakni peningkatan kesejahteraan rakyat, kemajuan daerah, peningkatan pelayanan kepada masyarakat, penyelesaian persoalan daerah, penyerasian pelaksanaan pembangunan daerah, dan memperkokoh NKRI,” ujarnya.

Baca Juga:   Soal Pilpres, PDIP Lampung Tunggu Hasil Rakernas

Peningkatan kesejahteraan rakyat, Anang menyatakan dibagi ke dalam empat kompetensi kebijakan. “Pertama peningkatan kesejahteraan masyarakat miskin. Program yang kami dorong adalah pernyataan jumlah keluarga miskin, usaha ekonomi produktif, dan kelompok usaha bersama. Kedua peningkatan kualitas sumber daya manusia, dana pendidikan sesuai dengan kompetensinya, perbaikan akses dan mutu kesehatan, gerakan masyarakat hidup sehat, serta konsep link and match menggandeng pihak swasta untuk kesiapan tenaga kerja dan pelatihan industri berbasis kompetensi,” paparnya.

Kompetensi kebijakan yang ketiga, kata Anang, pemantapan reformasi birokrasi dan keamanan adalah mewujudkan birokrasi yang bersih serta melayani. “Hal ini dengan penataan kelembagaan pemerintah daerah agar fungsi dan kewenangan penyelenggaraan pemerintahan menjadi efektif serta efisien. Kemudian keempat kemajuan daerah dengan kebijakan pembangunan infrastruktur, perbaikan infrastruktur, serta perbaikan kualitas kesehatan dan pendidikan,” ungkapnya.

Sedangkan Yanuar Syarif menyatakan visi-misi adalah program kerja kepala daerah diimpelementasikan dalam bentuk RPJMD. “Ini janji politik kepala daerah kepada masyarakat. Sebagai wakil bupati yang menjalankan sisa masa jabatan, saya tak ada visi-misi pribadi. Jika terpilih, saya akan mendukung dan menyukseskan vis-misi dan program bupati. Visi-misi kepala daerah dan wakil kepala daerah pada dasarnya fokus peningkatan standar hidup masyarakat, baik sandang, pangan, atau papan,” katanya.

Yanuar melanjutkan, visinya adalah terwujudnya Lamteng yang aman, maju, sejahtera, dan berkeadilan. “Misi meningkatkan keamanan, ketertiban, serta kerukunan umat beragama dalam kehidupan sosial yang beragama, demokrasi, dan berkeadilan; meningkatkan pembangunan dan pembenahan sarana-prasarana infrastruktur yang berkualitas; meningkatkan aktivitas perekonomian berbasis agribisnis yang didukung industri modern dan pengembangan ekonomi kerakyatan yang kreatif; meningkatkan pengelolaan SDA dan pelestarian lingkungan hidup secara berkelanjutan; serta menyelenggarakan pemerintahan yang baik, berkualitas, bertanggung jawab, prorakyat, dan memberikan pelayanan prima,” ungkapnya.

Baca Juga:   Soal Pilpres, PDIP Lampung Tunggu Hasil Rakernas

Program kerja untuk pencapaian visi-misi, kata Yanuar, peningkatan serta perbaikan infrastruktur dengan semangat gotong-royong. “Kemudian peningkatan mutu pendidikan; peningkatan layanan kesehatan; peningkatan layanan publik; peningkatan ekonomi masyarakat melalui pembukaan pengembangan beragam
industri untuk menarik tenaga kerja yang kita prioritaskan untuk putra daerah Lamteng; serta optimalisasi SDA di Lamteng,” katanya.

Wakil bendahara DPW PAN Lampung ini juga mengajak semuanya menyukseskan program bupati. “Mari sukseskan program bupati. Apa yang telah beliau laksanakan dengan baik dapat dilanjutkan dan yang belum disempurnakan. Program kerja tak dapat terlaksana dengan baik tanpa dukungan, kerja sama, dan gotong-royong stakeholder di Lamteng. Jika saya terpilih, saya akan membantu kinerja bupati secara maksimal. Dengan latar belakang saya sarjana teknik, perbaikan infrastruktur akan jadi prioritas hingga akhir masa jabatan. Tentunya kita semua ingin infrastruktur yang baik dapat mendongkrak perekonomian dan kesejahteraan masyarakat Lamteng,” tutupnya.

Setelah penyampaian visi-misi, dilakukan pengundian nomor urut calon. Ketua DPRD Lamteng Sumarsono menyatakan pemilihan wakil bupati akan dilaksanakan pada 16 Desember 2019. “Senin, 16 Desember 2019 dilakukan pemilihan. Sesuai nomor surat suara yang telah diundi, Anang Hendra Setiawan nomor urut 1 dan Yanuar Syarif nomor urut 2,” tegasnya. (sya/ang)




  • Bagikan