Antisipasi Banjir, Bunda Eva Tinjau Persiapan Normalisasi Sungai

  • Bagikan

Radarlampung.co.id –  Walikota Bandarlampung Eva Dwiana berencana melakukan normalisasi sungai dan membangun tanggul dalam Program Grebek Sungai.

Hari ini (19/3), Bunda Eva-sapaan akrabnya- langsung Grebek Sungai di Panjang dan Wayhalim Bandarlampung.


Disela-sela grebek Sungai, Bunda Eva  menjelaskan, Bencana banjir yang kerap terjadi di setiap musim penghujan, dipengaruhi oleh beberapa faktor, berupa curah hujan yang di atas normal dan adanya pasang naik air laut.

“Kemarin Dinas PU (Pekerjaan Umum) juga sudah bilang sama Bunda, buat pintu air. Supaya airnya kalau suatu saat naik, kita bisa tutup. Peninggian pondasi sungai akan kita lihat, karena katanya airnya naik dekat laut. Air pasang juga akan pasang, jadi agak ditinggikan. Untuk mengantisipasi banjir,” kata dia.

Baca Juga:   Ditanya Pemberhentian Kepala Diskes, Begini Tanggapan Plh. Sekkot

Bunda Eva juga menyampaikan bahwa Pengerjaan fisik normalisasi sungai yang dijadwalkan pada 2022 mendatang. Namun, tahun 2021 ini sudah mengawali dengan mengeruk sedimentasi sungai, salah satunya Way Awi di Kelurahan Jagabaya 1 Kecamatan Way Halim.

“Kota Bandarlampung mempunyai 2 sungai besar yaitu Way Kuripan dan Way Kuala, dan 23 sungai-sungai kecil. Semua sungai itu merupakan DAS (Daerah Aliran Sungai) yang berada di wilayah Kota Bandarlampung dan sebagian besar bermuara di Teluk Lampung dengan total luas sempadan sungai ±107,37 Ha,” bebernya. (gie/yud)




  • Bagikan