Antisipasi Dampak La Nina, Aktifkan Posko Siaga Bencana Kecamatan dan Desa

  • Bagikan
ILUSTRASI/FOTO DOKUMEN RADARLAMPUNG.CO.ID

RADARLAMPUNG.CO.ID – Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Pesawaran mengimbau seluruh kecamatan dan desa mengaktifkan kembali posko siaga bencana. Hal itu bertujuan mengantisipasi terjadinya dampak badai La Nina.

“Sesuai arahan pak bupati pada saat rakor, beliau menekankan agar kecamatan dan desa mengaktifkan posko siaga bencana. Kita sudah berkirim surat ke seluruh kecamatan untuk diteruskan ke desa-desa,” kata Kepala BPBD Pesawaran Sopyan Agani, Kamis (18/11).


Untuk itu, mantan Kepala Dinas Lingkungan Hidup Pesawaran ini mengimbau agar masyarakat tetap waspada terhadap potensi bencana. Baik berupa banjir, puting beliung maupun tanah longsor.

Mengingat badai La Nina akan menyebabkan tingginya curah hujan, sehingga potensi bencana banjir mengintai.

Baca Juga:   Hamdalah, Capaian Vaksinasi Tendik Pesawaran Sudah 89 Persen

“Tetap waspada. Namun jangan panik. Kita juga minta, mari bersama-sama bergotong-royong membersihkan parit yang tersumbat dan lingkungan masing-masing,” ucapnya.

Dari 11 kecamatan di Pesawaran, lanjut Sopyan Agani, Tegineneng, Negerikaton dan sebagian Waylima termasuk rawan bencana angin puting beliung.

Kemudian Kecamatan Padangcermin, Punduhpedada, Margapunduh, Telukpandan, Waylima, Kedondong dan Gedongtataan dikatagorikan rawan banjir.

“Termasuk Kecamatan Wayratai dan beberapa kecamatan, ada titik-titik rawan tanah longsor. Kita minta stakeholder dan pihak terkait turut mengantisipasi dampak badai La Nina,” tegasnya. (ozi/ais)





Baca Selengkapnya...





  • Bagikan