Antisipasi DBD, Gencarkan PSN dan 3M Plus

  • Bagikan
Petugas UPT Puskesmas Rawat Inap (PRI) Buanyerupa, Kecamatan Sukau, Lampung Barat beserta tim survei juru pemantau jentik (jumantik) memeriksa jentik nyamuk Aedes Aegypti di sejumlah rumah. FOTO DOKUMEN PUSKESMAS BUAYNYERUPA

radarlampung.co.id – Upaya mengantisipasi penyebaran penyakit demam berdarah dengue (DBD) dilakukan petugas UPT Puskesmas Rawat Inap (PRI) Buanyerupa, Kecamatan Sukau dengan memeriksa jentik nyamuk pada sejumlah rumah di Pekon Hanakau. Kegiatan ini dilakukan bersama tim survey dan juru pemantau jentik (jumantik).

Kepala UPT PRI Buaynyerupa Sardi mengatakan, Rabu (4/3) lalu pihaknya mendapat informasi ada warga yang diduga terserang DBD. Pihaknya langsung menindaklanjuti dengan melakukan penyelidikan epidemologi (PE).

”Kami langsung terjun ke lapangan. Sebab ditakutkan ada perkembangbiakan nyamuk di daerah tersebut,” kata Sardi. Hasilnya, tidak ditemukan jentik  nyamuk Aedes Aygepty.

Meski begitu, pihaknya mengimbau warga menerapkan pemberantasan sarang nyamuk (PSN). Sebab penanganan DBD tidak bisa hanya dilakukan oleh puskesmas dan dinas kesehatan. ”Selain PSN, kita juga berharap masyarakat menerapkan gerakan 3M plus supaya nyamuk tidak berkembang biak,” tegasnya. (edi/ais)



  • Bagikan