Antisipasi Kebakaran, Rutan Kotaagung Cek Jaringan Listrik

  • Bagikan
Kepala Kesatuan Pengamanan Rutan Kelas IIB Kotaagung Boy Naldo memeriksa instalasi aliran listrik di rutan. FOTO DOKUMEN RUTAN KELAS IIB KOTAAGUNG

RADARLAMPUNG.CO.ID – Kebakaran yang terjadi di Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas I Tangerang menjadi perhatian dan evaluasi tersendiri bagi Lapas dan Rutan di Indonesia. Tidak terkecuali Rumah Tahanan Negara (Rutan) Kelas IIB Kotaagung.

Karutan Kelas IIB Kotaagung Akhmad Sobirin Soleh mengatakan, untuk mengantisipasi terjadinya kebakaran, pihaknya memberikan arahan kepada warga binaan dan melakukan pengecekan listrik di kamar hunian serta sejumlah ruangan kantor, Kamis (9/9).


“Kami sudah memberikan arahan kepada warga binaan tentang bahaya penyalahgunaan arus listrik di kamar blok hunian serta memeriksakan jalur listrik di lingkungan Rutan Kotaagung. Kegiatan ini juga akan dilakukan secara berkala dan terus menerus, sebagai upaya pencegahan potensi gangguan kamtib akibat arus pendek listrik,” terangnya.

Baca Juga:   Pemkab Dirikan Dapur Umum di Lokasi Banjir Wonosobo

Selanjutnya Kepala Kesatuan Pengamanan Boy Naldo menambahkan, sebagai antisipasi, Rutan Kotaagung sudah menyiapkan APAR (alat pemadam api ringan) terpasang pada beberapa titik di area perkantoran, blok hunian dan juga titik rawan seperti dapur dengan kondisi baik, baru diisi ulang dan masih belum expired.

Dari hasil pengecekan yang dilakukan bersama petugas PLN Kotaagung, instalasi listrik di kamar hunian blok tahanan dan narapidana terpantau dalam kondisi relatif baik dan relatif aman.

“Untuk kesiapan antisipasi, kami telah menyiapkan APAR dan memasangnya pada beberapa titik di area perkantoran, blok hunian serta titik yang rawan seperti dapur. Kami juga menyimpan nomor pelayanan, seperti nomor pemadam kebakaran, kepolisan dan tim medis kesehatan,” terang Boy. (ehl/ais)




  • Bagikan