Antisipasi Kenaikan Harga, Pemkab Tanggamus Siapkan Operasi Pasar

  • Bagikan
Asisten Bidang Ekonomi dan Pembangunan Setdakab Tanggamus Sukisno. Foto rnn

RADARLAMPUNG.CO.ID-Untuk mengantisipasi terjadinya kenaikan harga dan kelangkaan barang selama bulan Ramadhan maupun Idul Fitri, Pemkab Tanggamus sudah melakukan koordinasi dengan stake holder terkait.

“Kami sudah koordinasi dengan Bulog untuk mengantisipasi timbulnya kenaikan harga beras. Koordinasi dengan PT Pertamina untuk jamin ketersediaan elpiji, dan dengan Polres Tanggamus untuk cegah penimbunan barang,” ujar Asisten Bidang Ekonomi dan Pembangunan Setdakab Tanggamus Sukisno.

Ia mengaku, langkah-langkah itu telah dilaporkan ke Pemprov Lampung dalam rapat bersama secara virtual tentang kesiapan pemerintah menjelang bulan Ramadan khususnya soal ekonomi.

“Pemprov Lampung meminta agar tiap kabupaten/kota bisa mengendalikan harga kebutuhan pokok selama Ramadan sampai setelah Idul Fitri 1442 H. Sehingga tidak timbulkan gejolak di masyarakat,” ujar Sukisno.

Baca Juga:   Tahu Organ Tunggal Dilarang, Tapi Sepakat Ambil Risiko

Sukisno mengaku, dari pihak Bulog sudah siap apabila sewaktu-waktu diadakan operasi pasar beras. Supaya harga beras tidak naik, dan barang tidak langka. Selanjutnya dari pihak Polres Tanggamus sudah ada unit Satgas Pangan yang bisa menindak pihak tertentu apabila terbukti melakukan penimbunan bahan pokok. Lalu PT.Pertamina akan menaikan distribusi elpiji ke Tanggamus sehingga ketersediaan elpiji bisa terjamin baik untuk ukuran 3 kg, 5 kg dan 12 kg.

“Kami juga sudah menyiapkan operasi pasar ditiga titik. Tapi untuk lokasi dan waktunya belum diputuskan karena harus rapat bersama dahulu dan sampai sekarang belum diputuskan,” pungkas mantan Kadiskes itu.(ehl/rnn/wdi)



  • Bagikan