Antisipasi Lakalantas di Titik-titik Persimpangan, Satlantas Polres Waykanan Terjunkan Personel

  • Bagikan
Personel dari Satlantas Polres Waykanan sedang melakukan pengaturan lalu lintas. Yang ditengarai kerap macet dan atau menjadi penyebab kecelakaan. FOTO HERMANSYAH/RADARLAMPUNG.CO.ID

RADARLAMPUNG.CO.ID – Antisipasi kecelakaan lalu lintas (lakalantas) di wilayah hukum Waykanan, Satuan Lalu Lintas (Satlantas) Polres Waykanan rutin melakukan pengaturan lalu lintas.

Kasat Lantas Polres Waykanan AKP Jafril mengatakan, ia telah menerjunkan beberapa personel dibeberapa tempat. Seperti di perempatan Jl. Lintas Sumatera, Kampung Negeri Baru, Kec. Blambangan Umpu, Kab. Waykanan.

“Yang dimana menjadi titik temu arus kendaraan. Tidak hanya itu, penjagaannya di titik-titik penyeberangan anak sekolah, mengingat banyaknya sekolah di Waykanan yang berhadapan langsung dengan jalan-jalan protokol, sehingga sangat rentan dengan terjadinya kecelakaan,” ujarnya, Senin (18/11).

Jafril -sapaan akrabnya- menambahkan, apa yang dilakukan oleh personelnya merupakan kegiatan rutin Satlantas Polres Waykanan dalam mengurai kemacetan di pagi hari.

“Sebenarnya bukan hari Senin saja, akan tetapi pengaturan lalu lintas yang kami lakukan itu dilakukan setiap pagi hari. Dimana anggota selalu melakukan pengaturan lalu lintas di sejumlah perempatan yang dinilai rawan kemacetan dan atau kecelakaan, hal ini untuk menciptakan kelancaran pengguna jalan bagi masyarakat dalam menjalankan aktivitasnya di pagi hari,” jelasnya.

Selain penempatan personel di perempatan, pihakny juga mengantisipasi titik yang berpotensi menimbulkan terjadinya kepadatan arus lalu lintas, yang bisa menimbulkan lakalantas dengan menempatkan personelnya di sejumlah depan sekolah, tempat penyeberangan anak yang hendak masuk ke sekolah demi kelancaran arus lalulintas.

“Kegiatan ini bertujuan untuk memberikan kenyamanan dan keselamatan bagi pengendara yang melakukan aktifitas di pagi hari, terutama saat mengantar anaknya ke sekolah. Saya juga menghimbau demi keselamatan dari pada pengguna jalan hendaknya sebelum menggunakan kendaraan khususnya kendaraan roda dua agar masyarakat dapat melengkapi diri dengan perlengkapan yang telah ditentukan, mulai dari menggunakan helm dan atau membawa serta surat-menyurat kendaraan masing-masing sehingga tidak akan ada halangan di dalam perjalanan,” pungkasnya. (sah/ang)




  • Bagikan