Antisipasi Surat Tes Covid-19 Palsu, Dosen Itera Buat Aplikasi Tanda Tangan Digital Labkesda

  • Bagikan
Aplikasi tanda tangan digital pada surat bebas Covid-19 yang dibuat dosen Institut Teknologi Sumatera (Itera). FOTO HUMAS ITERA

RADARLAMPUNG.CO.ID – Meningkatnya permintaan masyarakat untuk melakukan tes Covid-19, membuat fasilitas kesehatan perlu waspada terhadap pemalsuan surat keterangan hasil tes oleh oknum tidak bertanggungjawab.

Mengantisipasi adanya surat keterangan hasil tes Covid-19 palsu, mendorong dua dosen Institut Teknologi Sumatera (Itera), Andre Febrianto dan Heriansyah,  menciptakan aplikasi tanda tangan digital pada surat bebas Covid-19.

Aplikasi tersebut kini sudah diterapkan di UPTD Balai Laboratorium Kesehatan (Labkesda) Provinsi Lampung untuk mengeluarkan surat keterangan tes Covid-19.

Pembuatan aplikasi tanda tangan digital (digital signature) tersebut merupakan program pengabdian kepada masyarakat (PkM) yang dilakukan Andre Febrianto, dosen program studi Teknik Informatika dan Heriansyah, dosen prodi Teknik Elektro.

Baca Juga:   UTI Kirim 60 Mahasiswa Ikut Program Kampus Mengajar

Ini dibuat untuk melakukan verifikasi guna memvalidasi bahwa surat hasil tes Covid-19 yang dikeluarkan benar-benar berasal dari UPTD Labkesda Provinsi Lampung.

“Dengan adanya aplikasi tersebut pada surat hasil tes Covid-19 akan tercetak QR-Code yang jika dipindai bakal terkoneksi dengan website resmi UPTD Labkesda Provinsi Lampung, sehingga dapat menghindari pemalsuan surat. Baik surat hasil pemeriksaan Swab PCR atau Swab Antigen,” kata Andre.




  • Bagikan