Apresiasi Atlet PON, Pemprov Lampung Bagi-bagi Bonus

  • Bagikan
Foto M. Tegar Mujahid/Radarlampung.co.id

RADARLAMPUNG.CO.ID – Kontingen Lampung yang berlaga dalam ajang Pekan Olahraga Nasional (PON) XX Papua mendapat apresiasi dari Pemerintah Provinsi Lampung.

Untuk perorangan peraih medali emas menerima bonus Rp250 juta, peraih medali perak Rp100 juta, perunggu Rp50 juta. Kemudian, untuk peraih medali emas berpasangan mendapat Rp375 juta, peraih medali perunggu berpasangan Rp75 juta.


Selanjutnya peraih medali emas beregu Rp1,125 miliar dan peraih medali perak beregu mendapatkan Rp480 juta. Sedangkan untuk peraih medali emas pada cabang eksebisi mendapatkan Rp50 juta perorang.

Gubernur Lampung Arinal Djunaidi menuturkan, capaian 10 besar yang diraih di ajang PON Papua sesuai yang ditargetkan sejak awal adalah bentuk nyata bahwa prestasi atlet Lampung tumbuh baik dalam skala nasional maupun internasional.

“Untuk mencapai program mengembalikan kejayaan olahraga Lampung, saya berkomitmen untuk memberikan anggaran besar yang memadai untuk mencapai cita-cita tersebut,” ujarnya.

Arinal mengatakan, pihaknya akan membangun sport center sebagai bentuk dukungan dan fasilitas untuk atlet Lampung yang ditargetkan sudah berdiri sebelum PON berikutnya digelar.

Baca Juga:   Catat, USG Dapat Dilakukan Gratis di Puskesmas!

Ia meminta pengurus KONI mengelola dana dengan benar dan tepat sasaran untuk mengoptimalkan pembinaan atlet, pemenuhan sarana dan prasarana cabang olahraga. Serta melakukan upaya-upaya pembinaan, dan melakukan pencarian bakat baru.

Ketua KONI Provinsi Lampung M. Yusuf Barusman mengatakan, kontingen Lampung berhasil mencapai target yang dicanangkan pada perhelatan Pekan Olahraga Nasional (PON) Papua. Total medali yang dicapai yaitu 14 emas, 10 perak, dan 12 perunggu, dan masuk dalam 10 besar.

“Alhamdulillah, target yang kita canangkan dapat tercapai, dan kita masuk 10 besar,” katanya dalam acara ramah tamah penyambutan Kontingen Lampung di Mahan Agung, Rabu (20/10).

Ia memaparkan, cabang olahraga yang mendapatkan medali di antaranya dari cabang senam mendapatkan 5 emas, 2 perak, dan  2 perunggu. Cabang olahraga angkat berat 3 emas, 1 perak, dan 2 perunggu. Cabang menembak angkat besi mendapatkan 1 emas, 2 perak, dan 1 perunggu, softball 1 emas, baseball 1 perak, muay thai 1 emas, dan beberapa cabang olahraga lainnya.

Baca Juga:   Kasus Dana Hibah Koni Lampung Terus Diusut, Jaksa Panggil Saksi dari Empat Cabor Ini

Pihaknya menyampaikan terima kasih atas dukungan yang diberikan baik dari pemerintah, masyarakat, media, officially, dan pihak lainnya yang sudah mendukung dengan luar biasa sehingga Lampung bisa masuk ke dalam 10 besar.

“Serta kepada atlet kita yang sudah berjuang dengan luar biasa. Semua berperan dalam pencapaian ini,” katanya.

Menurutnya, pencapaian yang luar biasa ini merupakan langkah awal untuk membangkitkan kembali kejayaan olahraga Lampung.

“Ini juga merupakan komitmen kami para pengurus KONI untuk bisa membangkitkan kembali kejayaan olahraga Lampung, dan mencapai target 10 besar,” pungkasnya.

Ia menambahkan, dari eksibisi, Lampung menjadi juara umum dengan memperoleh banyak medali, salah satunya dari cabang Hapkido di mana mendapatlan 4 emas, dan 1 perak, lalu dari paramotor mendapatkan 1 emas dan 2 perunggu. (rur/sur)





Baca Selengkapnya...





  • Bagikan