Apresiasi untuk Gubernur, Jadikan Desa Hanura Prototipe Smart Village

  • Bagikan
Bupati Pesawaran memberikan sambutan dalam launching smart village di Desa Hanura, Kecamatan Telukpandan, Kamis (25/3). FOTO FAHRURROZI/RADARLAMPUNG.CO.ID

RADARLAMPUNG.CO.ID – Bupati Pesawaran Dendi Ramadhona memberikan apresiasi kepada Gubernur Arinal Djunaidi yang menjadikan Desa Hanura, Kecamatan Telukpandan sebagai prototipe smart village di Lampung.

“Hanura adalah salah satu desa terbaik dan membawa harum Lampung pada 2016, sebagai desa terbaik nasional regional 1 Sumatera. Ini adalah kelanjutan dengan menyandingkan program pak gubernur. Saya ucapkan terima kasih, karena kami terus di-support dan didampingi sehingga Desa Hanura menjadi prototipe smart village di Lampung. Pesawaran sudah menetapkan desa digital dan desa wisata,” kata Dendi Ramadhona, Kamis (25/3).


Dendi mengungkapkan, Gubernur Lampung Arinal Djunaidi mempunyai mimpi kepada masyarakat Pesawaran melalui program smart village yang terintegrasi, seperti pembayaran pajak, desa terhubung dengan BMKG dan lainnya serta mengintegrasikan data adminduk dengan lainnya.

Baca Juga:   Target Instalasi Pengolahan Air Selesai Tahun Ini

“Kami punya inovasi digitalisasi, dan bupati lainnya pun punya inovasi di bidang smart village,” ucapnya.

Menurut Dendi, Covid-19 menjadi tantangan dan peluang bahwa masyarakat ditarik dan “dipaksa” untuk meng-upgrade diri menggunakan IT.

Di mana, smart village membuka peluang kepada masyarakat. Dahulu masyarakat tidak mengerti meeting zoom, mengurus adminduk berbasis IT dan manfaat lainnya, kini sudah mengerti.

“Pelayanan berbasis IT dapat terakomodir dengan cepat. Dulu Pesawaran ada program Gerakan Desa Ikut Sejahtera (GADIS). Sekarang berlanjut menjadi Bujang (Badan Usaha Jejama Berkembang) yang menjalankan skema bisnis IT di Desa Hanura ini,” pungkasnya. (ozi/ais)

BACA: https://radarlampung.co.id/2021/03/25/gubernur-launching-smart-village-di-desa-hanura/




  • Bagikan