Arinal Minta Jajaran Pertanian Optimalkan Keunggulan Kompetitif

  • Bagikan
Gubernur Lampung Arinal Djunaidi membuka Musyawarah Perencanaan Pembangunan Pertanian (Musrenbangtan) Sub Sektor Ketahanan Pangan, Tanaman Pangan, dan Hortikultura Provinsi Lampung Tahun 2021, yang dilaksanakan di Ballroom Hotel Novotel, Bandarlampung, Kamis (8/4). SUMBER FOTO BIRO ADPIM

RADARLAMPUNG.CO.ID – Gubernur Lampung Arinal Djunaidi membuka Musyawarah Perencanaan Pembangunan Pertanian (Musrenbangtan) Sub Sektor Ketahanan Pangan, Tanaman Pangan dan Hortikultura Provinsi Lampung Tahun 2021, di Ballroom Hotel Novotel, Bandarlampung, Kamis (8/4).

Dalam kesempatan itu, Arinal minta jajaran pertanian mengoptimalkan keunggulan kompetitif pertanian Lampung untuk kesejahteraan masyarakat.


“Provinsi Lampung memiliki begitu banyak keunggulan komparatif (potensi) baik secara geostrategis, demografis, dan kekayaan alam. Segala keunggulan ini harus dapat dimanfaatkan secara baik dan dioptimalkan menjadi keunggulan kompetitif untuk kesejahteraan masyarakat Lampung,” tuturnya.

Ia berharap semua pihak dapat lebih serius mengidentifikasi permasalahan dan upaya pemecahannya, memanfaatkan peluang serta lebih fokus dalam melaksanakan kegiatan yang akan dilakukan pada tahun-tahun mendatang.

Arinal juga menjelaskan bahwa Musrenbangtan yang dilaksanakan ini merupakan langkah awal dalam proses perencanaan pembangunan tanaman pangan dan hortikultura Provinsi Lampung untuk program kegiatan Tahun 2022.

Baca Juga:   Sidak CPNS, Ombudsman Lampung Tekankan Berikan Pelayanan Maksimal

Oleh karena itu, ia meminta agar seluruh instansi terkait baik Provinsi maupun Kabupaten/kota dapat mengikutinya dengan baik sehingga sektor pertanian khususnya sub sektor Sektor Ketahanan Pangan, Tanaman Pangan dan Hortikultura dapat bermanfaat lebih baik lagi.

“Tolong kita semua dapat mematuhi dan menguasai agar musyawarah pembangunan di sektor pertanian dapat bermanfaat lebih baik lagi. Saya berharap di sinilah kita bisa menuangkan apa yang menjadi keinginan dalam artian mementingkan kebutuhan masyarakat. Jangan hanya melakukan program yang hanya bersifat rutinitas,” ujarnya.

Arinal menjelaskan bahwa Sektor Pertanian khususnya tanaman pangan dan hortikultura dimandatkan untuk memenuhi kebutuhan dasar masyarakat secara umum, yaitu pangan.

Dalam Rencana Pembangunan Jangka Panjang Daerah  (RPJPD)  Provinsi Lampung Tahun 2005-2025,  hal ini telah diamanatkan untuk mewujudkan kemandirian produksi pangan.

Baca Juga:   Pemprov Wacanakan Pembentukan Klaster Usaha Peternakan

Sementara itu, Kadis Ketahanan Pangan, Tanaman Pangan, dan Hortikultura Provinsi Lampung Kusnardi menjelaskan bahwa musrenbangtan tahun 2021 dilaksanakan oleh Dinas Ketahanan Pangan, Tanaman Pangan, dan Holtikultura Provinsi Lampung merupakan rangkaian awal dalam siklus perencanaan penyusunan program dan kegiatan untuk Tahun Anggaran 2022.

Adapun kegiatan ini bertujuan untuk sinkronisasi dan harmonisasi, memastikan target sasaran yang telah dalam rencana strategis Dinas Ketahanan Pangan, Tanaman Pangan dan Hortikultura Tahun 2020-2024 dapat tercapai. Tentunya itu dapat terwujud dengan sinergi Pemerintah Pusat, Provinsi, Kabupaten/Kota. (pip/sur)




  • Bagikan