Asisten III Tak Tahu Relokasi Gedung Kantor, Pengamat: Koordinasi Internal Pemkot Lemah

  • Bagikan
Dr. Dedy Hermawan. Foto IST
Dr. Dedy Hermawan. Foto IST
radarlampung.co.id – Proses relokasi kantor Pemerintah Kota (Pemkot) Bandarlampung mulai berjalan. Seperti Bagian Hukum,  Bagian Umum, Bagian Pemerintah pindah ke Gedung Pepadun, kemudian BKD Pindah ke Gedung Satu Atap. Proses pemindahan ini sendiri diketahui dikoordinatori oleh Asisten II, Pola Pardede dan Asisten III, Saprodi.
Anehnya saat dikonfirmasi, Saprodi mengaku tidak ada kewenangan untuk menjawab hal itu. Bahkan, dia juga tak bisa menjelaskan dinas dan instansi mana saja yang akan di relokasi. “Itu bukan kewenangan asisten, jadi gak tau,” ujarnya di Pemkot Bandarlampung, Selasa (8/1).
Terpisah, Pengamat Kebijakan Publik Univeritas Lampung (Unila) Dedy Hermawan menilai, ketidaktahuan Asisten III selaku koordinasi pemindahan gedung kantor menunjukan lemahnya koordinasi tingkat internal.
“Kita berharap bahwa ini satu kealpaan yang bukan potret sesungguhnya birokrasi kota, mudah-mudah bukan wajah sesungguhnya. Seharusnya koordinasi berjalan dengan baik, apalagi kalau yang koordinasi Asisten II dan III, maka keduannya harus mengetahuinya paling awal,” ujarnya.
Seharusnya, semua kebijakan internal maupun eksternal kecuali yang dirahasiakan sifatnya transparan. “Semua orang bisa mengkritisinya, bisa meminta klarifikasi dan penjelasan. Karena itu, pejabat yang bertanggung jawab harus mendapat informasi yang lengkap,” kata Dedi.
Dengan demikian, apabila pejabat berwenang telah mendapat informasi yang lengkap dapat dengan cepat memberikan klarifikasi dan penjelasan saat ada yang bertanya. Namun apabila kemudian salah satu pejabatnya memang tidak tahu, itu tentu harus dievaluasi dan tidak boleh terulang lagi.
“Karena jika tidak di evaluasi nantinya akan memperburuk citra pemerintah kota Bandarlampung dihadapan masyarakat. Dengan tidak tahunya Asisten III berarti diinternalnya kinerjanya tidak bagus dalam hal koordinasi,” pungkasnya. (pip/kyd)

Baca Juga:   Ratusan Warga Geruduk Gerai Vaksinasi Pizza Hut


  • Bagikan