Atlet Biliar Lampung Ikut Seleknas Sea Games

  • Bagikan
Adhitya Agung Pratama saat berlatih. Foto Anca/Radarlampung.co.id
Adhitya Agung Pratama saat berlatih. Foto Anca/Radarlampung.co.id

RADARLAMPUNG.CO.ID – Adhitya Agung Pratama, pebiliar Lampung dipanggil untuk mengikuti seleksi nasional (seleknas) untuk memperkuat Timnas di Sea Games Vietnam pada Mei 2022 mendatang.

Sekretaris Umum Persatuan Olahraga Biliar Seluruh Indonesia (POBSI) Lampung, Supriyadi menjelaskan pemanggilan Agung didasari surat dari PB POBSI Nomor 062/PBPOBSI/XII/2021 perihal undangan seleksi nasional dalam rangka Pelatnas Sea Games 2022.



“Seleknas dilangsungkan di Jakarta pada 9-17 Januari 2022,” ujar Supriyadi ditemui di sekretariat POBSI Lampung lantai 2 gedung Sumpah Pemuda, PKOR, Wayhalim, Senin (10/11).

Ada sebanyak 40 atlet biliar dari berbagai daerah di Indonesia yang dipanggil. Seleknas tersebut ada beberapa nomor yang diseleksi seperti snooker, carom, English biliar dan pool putra dan putri.

“Agung turun di bola 15, nantinya atlet di masing-masing pool akan saling bertemu,” ujarnya didampingi Wakil Ketua II POBSI Lampung Alvi Darwin.

Ia optimistis Agung bisa masuk pelatnas Sea Games.

“Kita sangat optimis mengingat perkembangan pelatihan kemarin. Tapi kita juga tidak boleh lengah karena lawan kan siap semua,” ujarnya.

Di PON XX Papua, Agung masuk delapan besar. Menurutnya ada beberapa lawan yang harus diwaspadai seperti atlet dari daerah Sumatera Utara, Jakarta, Jawa Tengah, serta Jawa Barat yang biliarnya cukup kuat.

Terpisah, Ketua POBSI Lampung Nazwar Basyuni berharap Agung bisa tampil maksimal dalam seleknas. “Tentu ini prestasi yang membanggakan bagi biliar Lampung. Karena Agung ini termasuk atlet muda yang masih debut di dunia biliar,” ujarnya.

Nazwar mengatakan untuk bisa menggaet perhatian PB POBSI bukan hal mudah. Sebab ada ribuan pebiliar di Indonesia. Hal ini ujar Nazwar menjadi kesempatan Agung sebagai pebiliar muda untuk meningkatkan prestasinya di kancah nasional bahkan internasional.

Dalam Seleknas ini akan diberlakukan sistem single elimination dan double elimination dalam tahapan yang berbeda. Pada nomor pertandingan pool putra diberlakukan bola 10 sebanyak 9 race, sementara di bagian putri bola 10 dengan 7 race. (nca/sur)






  • Bagikan