Awal Januari, Bimtek SIPD untuk OPD

  • Bagikan

RADARLAMPUNG.CO.ID – Usulan rencana pembangunan dan aspirasi masyarakat melalui Musrenbang tingkat desa hingga kabupaten, merupakan penentu arah kebijakan untuk pembangunan tahun anggaran 2023 mendatang.

“Untuk itu, ditarget pelaksanaan musyawarah desa (Musdes) harus rampung pada Januari. Karena akan segera diinput masing masing organisasi perangkat daerah (OPD) melalui Sistem Informasi Pemerintah Daerah (SIPD),” kata Kepala Bappeda Pesawaran Adhytia Hidayat melalui Kabid Pengendalian dan Perencanaan Makro Asmarwansyah.



Asmarwansyah menuturkan, pada awal Januari 2022 seluruh OPD akan diberikan bimbingan teknis terkait aplikasi Sistem Informasi Pemerintahan Daerah (SIPD) dengan menghadirkan pemateri dari Kemendagri.

Kemudian, awal Februari akan dilanjutkan konsultasi publik. Tahapan berikutnya, pelaksanaan musyawarah rencana pembangunan (Musrenbang) tingkat kecamatan.

“Kalau diagenda, kita targetkan Musrenbangcam paling lambat selesai di Minggu ke-4 Februari,” ucapnya.

Setelah pelaksanaan musrenbang kecamatan dan semua aspirasi serta usulan telah di inventarisasi, selanjutnya tahapan pelaksanaan musrenbang tingkat kabupaten yang rencananya diagendakan Maret.

“Dalam SIPD itu nanti akan ada rencana kerja (Renja) OPD. Ada kamus usulan pembangunan 2023. Tentunya tetap prioritas sesuai RPJMD serta visi misi Bupati dan Wakil Bupati Pesawaran,” tandasnya. (ozi/ais)






  • Bagikan