Awal Oktober, Masuk Puncak Musim Hujan

  • Bagikan

RADARLAMPUNG.CO.ID – Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG), memperkirakan wilayah Provinsi Lampung secara umum memasuki puncak musim hujan pada bulan Oktober 2021.

Kasi Data dan Informasi (BMKG) Lampung, Rudy Haryanto mengatakan, jika di lihat dari prospeknya, secara umum ada wilayah di provinsi Lampung yang akan masuk musim penghujan pada akhir bulan September ini. Yakni Kabupaten Lampung Barat dan Pesisir Barat.


Sedangkan, untuk puncak musim penghujan diwilayah lainnya yang ada di provinsi Lampung, akan terjadi pada awal bulan Oktober.

“Wilayah-wilayah ini yakni Lampung bagian Utara. Seperti Mesuji, Tulang Bawang, Tulang Bawang Barat, dan Way kanan. Kemudian pada akhir Oktober, musim penghujan akan terjadi di wilayah Lampung bagian Selatan. Yakni Lampung Timur, Lampung Selatan dan Bandarlampung,” ungkap Rudi, saat dihubungi radarlampung.co.id, Kamis (23/9).

Baca Juga:   OPD Pemprov Mulai Terapkan Aplikasi Peduli Lindungi

Dengan kondisi seperti itu, lanjut dia, Memang ada sebagian wilayah yang masuk musim pancaroba atau peralihan. Sehingga kondisi hujan yang di rasakan saat ini, ada di Intensitas lebat namun durasinya tidak lama. Sebab, kecenderungan sebelum hujan diawali oleh angin yang agak kencang.

“Yang pasti pada akhir September ini, ada dua Kabupaten di Lampung yang akan memasuki awal musim penghujan. Yakni Lampung barat dan Pesisir Barat namun puncaknya pada Oktober,” ujarnya.

Sedangkan untuk prospek musim hujan pada tiga hari kedapan, akan terjadi pada malam hari. Yakni Lambar, pesbar, Tanggamus dan waykanan, akan terjadi hujan di malam hari.

Sedangkan untuk dinihari, Kabupaten yang perlu waspada yakni Lamsel, Lamtim Pesawaran, Tanggamus, metro dan bandarlampung.

Baca Juga:   Mulai Pergantian Musim, Masyarakat di Himbau Ikut Tanggap Bencana

“Nah, untuk tiga hari kedapan wilayah wilayah itu prosek untuk diterpa musim hujan masih akan berpotensi,”Jelasnya. (muk/yud)




  • Bagikan