Ayo Wisata ke Embung Tirta Kusuma

  • Bagikan

radarlampung.co.id – Pemerintah Kabupaten Lampung Timur terus berupaya mengembangkan potensi wisata lokal.  Salah satunya,  obyek wisata Embung Tirta Kusuma.

Obyek wisata  yang berlokasi di Desa Tanjung Kesuma Kecamatan Purbolinggo tersebut sebelumnya berfungsi sebagai kawasan cadangan air bagi areal persawahan setempat. Namun, masyarakat Desa Tanjung Kesuma menyulapnya menjadi kawasan wisata edukasi yang elok.

Kawasan Wisata Embung Tirta Kesuma sendiri mempunyai luas wilayah kurang lebih 5 hektar. Terbagi dari kawasan air berupa embung dan kawasan darat berupa taman edukasi terbuka, jungle track dan wahana panahan.

Sebagai taman edukasi terbuka, Embung Tirta Kesuma juga menyuguhkan paket hiburan berupa berkeliling embung sepanjang kurang lebih 300 meter dengan menggunakan perahu dayung. Ada juga Paket Jungle Track untuk memberikan pengenalan keragaman hayati, wahana panahan serta gubuk-gubuk baca bagi para penghobi literasi.

Baca Juga:   Proyeksi Belanja Lamtim Turun Rp156,5 Miliar

Di dalam kawasan Embung Tirta Kesuma juga menyediakan area untuk berswa foto.  Salah satunya, miniatur Menara Eiffel di tengah embung yang hanya dapat dijangkau dengan menggunakan perahu dayung bila ingin berswa foto.

Suyatno selaku Direktur Badan Usaha Milik Desa (BumDes) Arta Jaya Kesuma sekaligus Pembina Kelompok Sadar Wisata Desa Tanjung Kesuma menjelaskan, sebetulnya Embung Tirta Kesuma konsepnya adalah sebagai kawasan edukasi, sedangkan fungsi wisata merupakan ikutan dari konsep dasar tersebut.

“Makanya kami saat ini lebih cenderung mengajak komunitas komunitas untuk melakukan kegiatan disini, namanya literasi alam terbuka,” jelasnya.

Terpisah Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Lampung Timur Alma Turidi menjelaskan,  berbagai kegiatan yang masuk dalam kalender wisata sejak 2017 lalu berdampak positif terhadap kesadaran masyarakat untuk mengembangkan potensi yang ada di wilayah masing-masing.

Baca Juga:   425 Pelamar CPNS Lamtim Dinyatakan TMS

“Kesadaran masyarakat yang tergabung dalam Pokdarwis dalam mengembangkan wisata juga berdampak positif terhadap penciptaan lapangan kerja,” jelasnya. (wid/gus)




  • Bagikan