Bagikan Kelambu di Daerah Endemik Malaria


ILUSTRASI/FOTO NET

radarlampung.co.id – Pendistribusian sekitar 30 ribu kelambu massal dari Kementerian Kesehatan untuk wilayah Pesawaran rencananya dilaksanakan dalam waktu dekat. Bantuan itu untuk kawasan pesisir yang merupakan endemik malaria.

”Untuk pembagian kelambu massal, Insya Allah dalam waktu dekat ini. Khususnya wilayah pesisir yang endemi malaria,” kata Kepala Bidang Pengendalian Penyakit dan Penyehatan Lingkungan Aila Karyus mewakili Kepala Dinas Kesehatan Pesawaran Harun Tri Djoko, Senin (9/12).





Menurut dia, memasuki musim penghujan, pihaknya akan mengirimkan surat imbauan kepada seluruh UPT puskesmas dan kecamatan untuk mengantisipasi DBD serta malaria. ”Seperti biasa, antisipasi DBD dan malaria melalui gerakan 3M plus dan menjaga kebersihan lingkungan. Kemudian membagikan bubuk abate dan PHBS,” tegasnya.

Dilanjutkan, wilayah yang dikatagorikan endemis DBD adalah Gedongtataan, Kedondong, dan Tegineneng. Namun pada awal 2019, kasus DDB di Kecamatan Negerikaton cukup tinggi

Sementara kasus malaria di wilayah pesisir disebabkan beberapa faktor. Di antaranya intervensi lingkungan di wilayah pesisir yang aliran air sudah lancar. ”Selain itu salinitas. Di mana, kadar garam air di lagun sama dengan kadarnya di laut,” pungkasnya. (ozi/ais)