Permudah Pelayanan, Bandarlampung Telah Terapkan E-Signature dalam Penerbitan Perizinan dan Nonperizinan

  • Bagikan
Workshop tanda tangan elektronik (E-Signature) dalam proses penerbitan perizinan dan nonperizinan. Kegiatan digelar di Convention Hall Hotel Marcopolo, Senin (11/11). FOTO IST. FOR RADARLAMPUNG.CO.ID

RADARLAMPUNG.CO.ID – Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Kota Bandarlampung kini secara resmi menerapkan tanda tangan elektronik (E-Signature) dalam proses penerbitan perizinan dan nonperizinan. Kegiatan sosialisasi digelar di Convention Hall Hotel Marcopolo, Senin (11/11).

Kepala DPMPTSP Bandarlampung Drs. A. Fachruddin mengatakan, penerapan tersebut diawali dengan kegiatan workshop yang merupakan rangkaian kegiatan dari pelaksanaan kesepahaman bersama (MoU) antara Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT) RI dengan Pemerintah Kota Bandarlampung, yang digelar di Denpasar Bali, 27 Agustus 2019 lalu.

Menurutntnya, E-Signature itu merupakan tuntutan perkembangan teknologi informasi yang tertuang dalam Permendagri Nomor 138/2017 tentang Pelayanan Terpadu Satu Pintu Daerah dan Permenpan-RB Nomor 14/2014 tentang Pedoman Evaluasi Reformasi Birokrasi Instansi Pemerintah dan telah beberapa kali dilakukan perubahan.

Baca Juga:   Ini Instruksi Walikota Terkait Bandarlampung Masuk dalam Kategori PPKM Level 4

Penerapan, E-Signature itu dilakukan melalui aplikasi perizinan Sai Betik DPMPTSP Bandarlampung yang terintegrasi dengan sistem aplikasi elektronik balai jaringan dan informasi komunikasi, BPPT yang diharapkan dapat meningkatkan kualitas pelayanan di bidang perizinan dan non perizinan, khususnya kepada para pelaku usaha dan masyarakat di Kota Tapis Berseri.

Di sisi lain, Kepala Bidang Pelayanan Perizinan dan Nonperizinan Muhtadi A. Temenggung, ST, MS mengungkapkan, adapun workshop yang digelar berisi materi yang membahas penggunaan aplikasi E-Signature dalam proses penerbitan dokumen perizinan dan nonperizinan, proses integrasi aplikasi perizinan dalam penggunaan E-Signature dan sistem E-Signature di BPPT, dan praktek cara penggunaan E-Signature pada proses penandatanganan dokumen perizinan dan nonperizinan.

Baca Juga:   Jelang HAN 2021, KPA Bandarlampung Minta Isi Kepedulian Terhadap Anak dan Sesama

Adapun narasumber workshop tersebut yakni Kepala Seksi Kerjasama dan Pelayanan Teknologi Dr. Supriana Suwanda, S.Kom, M.Kom yang juga mewakili kepala Balai Jaringan dan Informasi Komunikasi, BPPT.

Kemudian, kegiatan diikuti para kepala bidang dan pejabat eselon IV, serta karyawan dan karyawati di lingkungan DPMPTSP Bandarlampung, beserta rombongan dari Balai Jaringan dan Informasi Komunikasi, BPPT. (apr/sur)




  • Bagikan