Banjir, Puluhan Rumah Terendam

  • Bagikan

RADARLAMPUNG.CO.ID – Puluhan Rumah di Desa Labuhan Permai Kecamatan Way Serdang Kabupaten Mesuji terendam banjir hal itu disebabkan oleh luapan air sungai yang menghubungkan Kabupaten Mesuji dan Kabupaten Ogan Komering Ilir (OKI) Sumatera Selatan.

Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Mesuji, Sunardi menyampaikan, banjir tersebut disebabkan oleh tingginya curah hujan pada 31 januari 2021 hingga 2 januari 2022 ditambah sungai yang mulai dangkal serta tersumbatnya aliran air sungai.

Sehingga, Mengakibatkan akses jalan, lahan pertanian, perkebunan serta pemukiman warga terendam banjir.

Tercatat, ada 16 rumah terkena dampak banjir dan 57 jiwa juga terdampak, ditambah lagi dari sektor pertanian, banjir tersebut juga mengakibatkan 350 hektar kebun karet terdampak banjir dan 250 hektar kebun sawit.

“Saat ini banjir sekitar satu meter itu sudah mulai surut, warga juga sudah mulai membersihkan rumah mereka masih-masing. Kami meminta supaya masyarakat waspada akan terjadinya banjir, karena banjir ini sering terjadi tiap tahun. Untuk mengatasinya kita akan rapatkan bersama Bupati, dan dinas PUTR untuk mencari solusinya,” Katanya kepada radarlampung.co.id, Senin (3/1).

Baca Juga:   Alhamdulillah... Bocah Tenggelam Ditemukan

Sementara, Arifin (28) warga sekitar mengatakan, ada sekitar 16 rumah terendam banjir karena meluapnya sungai besar yang menghubungkan desa Labuhan Permai Mesuji dan Pematang Panggang Oki Sumsel.

“Hujan yang mengguyur malam Minggu kemarin, sehingga banjir semakin tinggi sekitar 1  meter, dan aktivitas sehari-hari masyarakat desa sebagai petani karet dan sawah untuk sementara terhambat, tapi Alhamdulillah sudah mulai surut berangsur angsur mulai beraktivitas seperti biasa,” Pungkasnya. (muk/yud)

Baca Juga:   TERENDAM





  • Bagikan