Bantuan DAK Program Pekarangan Lestari Tersalurkan, Ini Penjelasan DKP Tubaba

  • Bagikan

RADARLAMPUNG.CO.ID-Bantuan Dana Alokasi Khusus (DAK) dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) tahun 2021 untuk program Pekarangan Pangan Lestari (P2L) terhadap tujuh Kelompok Wanita Tani (KWT) di Kabupaten Tulangbawang Barat (Tubaba) berjalan sukses. Hal tersebut dikatakan Kabid Konsumsi dan Keamanan Pangan, Bonaji, mewakili Kepala Dinas Ketahanan Pangan (DKP) Tubaba, Afrizal MH, saat dikonfirmasi, Selasa (2/11).

Dikatakan Bonaji, seperti tahun 2021 DKP Tubaba menerima bantuan DAK yang berkaitan dengan 7 KWT untuk menjalankan program P2L dengan masing-masing KWT menerima bantuan dana Rp55 juta yang telah ditetapkan oleh Pemerintah Pusat dari pengajuan 2020 lalu. “Penyaluran DAK langsung ditransfer ke rekening masing-masing KWT dengan 2 tahap, masing-masing tahapan 50 persen. Terakhir telah tersalur pada awal Oktober,” terangnya.

Lebih lanjut Bonaji mengungkapkan, DAK tersebut ditujukan sebagai upaya pencegahan dan ketahanan pangan berupa pemanfaatan pekarangan, yang dalam pelaksanaannya setiap KWT akan membuat P2L yang dipusatkan di satu lokasi yang telah ditetapkan untuk jangka waktu lima tahun ke depan, dan 56 meter atau 3×4 meter sebagai tempat penanaman, kemudian membeli polibet, bibit, dan sarana prasarana penunjang lainnya.

“Adapun jenis tanaman yang ditanam adalah sayur-sayuran, seperti seledri, bayam, kangkung, dan sejenisnya. Hingga saat ini, rata-rata setiap KWT telah berhasil memanen 4 kali, yang hasilnya digunakan untuk kesejahteraan anggota itu sendiri, dan sebagian untuk dijual sebagai modal untuk penanaman kembali,” katanya.

Tahun ini merupakan pilot project dari Pemerintah Pusat kepada kita, untuk menjaga kewaspadaan dan ketahanan pangan rumah tangga di masa Pandemi. “Melihat keberhasilan program tersebut di Tubaba, maka tahun 2022 proposal bantuan akan kita tambah untuk 15 KWT, dan diharapkan dapat direalisasikan serta menjadi contoh bagi masyarakat lainnya untuk mengembangkan P2L,” imbuhnya.

Baca Juga:   Jelang Pilkati Tubaba, 66 TPS Masuk Kategori Sangat Rawan

Berdasar informasi yang diterima dari DKP, ketujuh KWT yang mendapat bantuan DAK tahun ini diantaranya adalah KWT Arum Melati Tiyuh (Desa) Gading Kencana Kecamatan Tulang Bawang Udik, KWT Putri Malu Kelurahan Daya Murni Kecamatan Tumijajar, KWT Cempaka Tiyuh Cahyo Randu Kecamatan Pagar Dewa, KWT Anggrek Tiyuh Mulyo ladi Kecamatan Gunuina Terang (fei/wdi)





Baca Selengkapnya...





  • Bagikan