Bantuan Langsung Tunai dari Dana Desa Lamtim Sasar 48 Ribu KPM

  • Bagikan
Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Kabupaten Lampung Timur Yudi Irawan. Foto. ist for radarlampung.co.id

radarlampung.co.id-Bantuan langsung tunai (BLT) yang bersumber dari dana desa (DD) di Kabupaten Lampung Timur akan disalurkan kepada 48.000 keluarga penerima manfaat (KPM).

Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (PMD) Kabupaten Lampung Timur Yudi Irawan menjelaskan, dari hasil pendataan, warga yang layak mendapat BLT sebanyak 82.000 KPM.


Dari jumlah tersebut 35.011 di antaranya direncanakan mendapat BLT dari Kementrian Sosial. Sedangkan, sisanya akan mendapat BLT yang bersumber dari  DD. “Dengan begitu, maka penyaluran BLT tidak tumpang tindih,”jelas Yudi Irawan , Rabu (22/4).

Dilanjutkan, jumlah calon penerima BLT yang bersumber dari DD saat ini masih dalam tahap verifikasi. Hal itu untuk menghindari adanya warga yang sudah masuk dalam data penerima PKH dan BPNT serta BLT dari Kementrian Sosial. “Warga yang telah menerima bantuan lain, tidak dapat menerima BLT yang bersumber dari DD,”lanjut Yudi Irawan.

Baca Juga:   Ini Tanggapan Ketua DPRD Lamtim Atas Penahanan AF

Lebih lanjut dijelaskan, BLT DD akan disalurkan Rp600 ribu/KPM yang tersebar di 264 desa selama tiga bulan. Berdasarkan data sementara total anggaran BLT DD mencapai Rp85 miliar. “BLT DD akan disalurkan kepadz KPM melalui rekening Bank,”tetangnya.

Diketahui, untuk desa yang mendapat alokasi DD antara Rp800 juta sampai Rp1 miliar, maka anggaran untuk BLT pada kisaran 15 – 20 pesen. Sedangkan, untuk desa yang mendapat alokasi DD antara Rp1 miliar sampai Rp1,2 miliar, maka anggaan BLT sebesar 20 sampai 25 persen. (wid/wdi)




  • Bagikan