Bapenda Lampung Optimis 5 PAD Pajak Capai Target

  • Bagikan
ILUSTRASI/SUMBER FOTO INFOKALTENG.ID

RADARLAMPUNG.CO.ID – Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) Lampung optimis mampu mencapai target Pendapatan Asli Daerah (PAD) tahun ini. Diketahui, ada lima pajak yang dikelolah Bapenda Lampung, yaitu pajak Kendaraan Bermotor (PKB), Bea Balik Nama Kendaraan Bermotor (BBNKB), pajak Bahan Bakar Kendaraan Bermotor, pajak air permukaan, dan rokok.

Kepala Bapenda Lampung Adi Erlansyah menuturkan, target PAD yang dipatok untuk PKB sebesar Rp1,064 triliun; BBNKP Rp624 miliar; pajak BBKB Rp530 miliar; pajak Air Permukaan Rp4 miliar; dan pajak Rokok Rp574 miliar.


Pada Triwulan pertama ini, lanjut Adi, realisasi PAD tertinggi berasal dari pajak BBKB yang telah mencapai 25,04 persen atau Rp132 miliar; pajak Air Permukaan 20,60 persen (Rp824 juta); BBNKB 18 persen (Rp112 miliar; dan PKB 16,23 persen (Rp1,76 miliar).

Baca Juga:   Presiden Jokowi Beri Perhatian Lebih Vaksinasi Lampung dan Sumbar

“Khusus untuk rokok kita nerima dari pusat, jadi bukan di kita. Karena sifatnya berdasarkan data dari pusat. Data kelima pajak ini Triwulan I sampai tanggal 20 Maret,” terangnya.

Ditanya mengenai pajak mana yang sering melebihi target, menurut Adi bervariatif. Dicontohkannya saat pandemi ini, pada tahun 2020 lalu PKB tercapai dan BBNKB tidak tercapai.

“Alasan tidak tercapai BBNLB, karena di masa pandemi Covid-19 orang membeli kendaraan baik baru dan bekas turun drastis,” tuturnya.

Namun, di tahun 2021 ini dirinya optimis target PAD yang telah ditetapkan dapat tercapai. “Optimis tercapai. Seperti target pemutihan optimis, begitu pula yang di luar pemutihan,” terangnya. (pip/sur)




  • Bagikan