Baru Empat Daerah Terima BPNT

  • Bagikan
Kepala Dinas Sosial Provinsi Lampung Sumarju Saeni. FOTO AGUNG BUDIARTO/RADARLAMPUNG.CO.ID

RADARLAMPUNG.CO.ID – Sasaran Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT) di Lampung baru menyentuh empat daerah.  Kepala Dinas Sosial Provinsi Lampung Sumarju Saeni mengatakan, empat daerah tersebut adalah Bandarlampung, Metro, Lampung Tengah, dan Lampung Selatan.

Dikatakan, 11 Kabupaten/Kota lain saat ini masih menerima kebijakan rastra.  “Data awal itu cuma Bandarlampung dan Metro. Tapi tahun ini ditambah dua daerah Lamteng dan Lamsel,” ujarnya saat disambangi di kantornya, Selasa (11/12).

Sumarju menjelaskan, hal ini memang menjadi kewenangan Kementerian Sosial. Di mana, per Mei 2019 diperkirakan bantuan yang sebelumnya rastra, menjadi BPNT. “Karena surat rastra itu sampai April. Logikanya, di tahun depan, mulai Mei itu sudah secara total BPNT,” jelasnya.

Baca Juga:   Kemenkumham Salurkan 46 Ribu Paket kepada Masyarakat Terdampak Covid-19

Saat ini, jumlah total Keluarga Penerima Manfaat (KPM) terdata 630 ribu. Sebarannya, untuk Bandarlampung 49.711 KK, Metro 6.087 KK, Lampung Tengah 115.452 KK, dan Lampung Selatan 89.249 KK.

“Sisa kabupaten/kota lainnya masih dalam bentuk rastra belum BPNT. Tapi, KPM-nya sama,” kata dia.

Mengenai data, dia mengatakan saat ini sudah tidak lagi menggunakan data BPS tahun 2015 yang dianggap tidak update. Melainkan menggunakan data penanganan fakir miskin dari desa yang di SK-kan Kepala Daerah setempat, kemudian terdaftar di Basis Data Terpadu (BDT) Kementerian Sosial.

“Data di-update per enam bulan sekali. Hasilnya, Lampung Tengah dan Lampung Selatan itu, awalnya tidak segitu angkanya. Tapi, setelah melihat data yang update dari data penanganan fakir miskin, KPM-nya bertambah,” ujarnya. (abd/sur)




  • Bagikan