Baru Empat Pekon Terima DD Tahap II

  • Bagikan
sumber ilustrasi www.radarcirebon.com

RADARLAMPUNG.CO.ID – Dari 299 pekon yang ada di Tanggamus, baru empat yang sudah mencairkan dana desa (DD) tahap II tahun 2021.

Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (PMD) Arpin mengatakan, empat pekon tersebut adalah Pekon Gunungdoh, Rajabasa dan Sanggi di Kecamatan Bandarnegeri Semuong serta Pekon Kalimiring di Kecamatan Kotaagung Barat.


Syarat pencairan DD tahap II, pekon harus melaporkan realisasi penyerapan dan capaian DD tahun sebelumnya serta capaian tahap I yang menunjukkan rata-rata realisasi penyerapan paling sedikit 50 persen.

Kemudian rata rata capaian keluaran paling sedikit 35 persen dari DD tahap I yang telah disalurkan.

“Yang telah direalisasikan kepada empat pekon itu adalah dana desa. Sementara untuk BLT DD-nya menunggu persyaratan laporan tahap I dari bulan Januari hingga Mei 2021,” kata Arpin.

Baca Juga:   Ada Oknum Janjikan Bantuan? Catat, Rekam, Laporkan!

Dijelaskan, laporan itu kemudian akan disampaikan oleh BPKD melalui Omspan. Barulah BLT DD tahap II dicairkan selama tiga bulan. Bukan per bulan seperti periode sebelumnya.

“Dinas PMD dalam hal ini akan membuat dua nota dinas. Pertama untuk pencairan DD tahap II dan BLT DD tahap II,” ujar Arpin.

Terkait masih banyaknya pekon yang belum menyampaikan persyaratan DD tahap II, Arpin menyatakan, pekon sedang mempersiapkan laporan BLT DD tahap I dari Januari hingga Mei 2021.

Mantan Kabag Kesra Setkab Tanggamus ini mengungkapkan, BLT DD tahap I masih dalam proses penyaluran oleh semua pekon.

Jika semua syarat DD tahap II telah dilengkapi, maka realisasi DD tahap II bagi seluruh pekon hanya tinggal menunggu waktu. (iqb/ehl/ais)




  • Bagikan