Bawaslu Bandarlampung Bakal Panggil Parpol dengan LPSDK Nihil

  • Bagikan
Ketua Bawaslu Bandarlampung Candrawansah

RADARLAMPUNG.CO.ID – Bawaslu Bandarlampung akan memanggil sejumlah partai politik (Parpol) yang menyerahkan Laporan Penerimaan Sumbangan Dana Kampanye (LPSDK) Rp 0.

Hal ini diungkapkan Ketua Bawaslu Bandarlampung Candrawansah saat ditemui di kantornya Senin (21/1). Menurutnya, hasil analisis pihaknya atas LPSDK oleh Parpol ke KPU, maka Bawaslu akan memanggil parpol dalam upaya pencegahan pelanggaran Pemilu.

“Iya setelah di analisis Bawaslu Bandarlampung, ada beberapa parpol yang melaporkan LPSDK nihil atau Rp0. Maka sebagai inisiatif pencegahan dengan memanggil parpol yang LPSDKnya nihil. Untuk dimintai keterangan, kenapa nihil,” kata Candra.

Alasan ini tentu karena adanya temuan Bawaslu Bandarlampung pada APK (alat peraga kampanye) yang ditemukan telah bertebaran dari seluruh partai. Maka dalam klarifikasi nantinya, Bawaslu akan mendalami memang tak ada sumbangan ke Rekening khusus dana kampanye (RKDK) atau memang parpol dan caleg tak banyak menggelar kampanye.

“Ini bagian pengawasan ke parpol untuk mengecek apakah memang belum buat APK, atau belum dilaporkan. Karena Bawaslu menemukan APK milik caleg di seluruh kecamatan se-Bandarlampung,” tandasnya.

Candra menilai hal ini menjadi wajib dilaporkan. Mengingat ada pidana pemilunya jika yang dilaporkan tidak sesuai. Apalagi caleg, jika tak lapor dana kampaye maka tak bisa dilantik.

Harusnya semua laporan yang masuk baik sumbangan orang atau perusahaan dan dana pribadi yang digunakan dalam berkampanye dilaporkan seluruhnya. Mulai uang, barang dan jasa. Seperti billboard, kan banyak itu,” pungkasnya. (rma/kyd)

LPSDK Parpol tingkat Kota Bandarlampung

PKB                Rp110.104.600

Gerindra         Rp0

PDIP               Rp34.500.000

Golkar            Rp67.618.650

Nasdem          Rp33.000.000

Garuda            Rp1.200.000

Berkarya         Rp0

PKS                 Rp540.631.250

Perindo            Rp150.000

PPP                 Rp0

PSI                 Rp0

PAN                Rp56.000.000

Hanura           Rp0

Demokrat       Rp0

PBB                Rp0

PKPI               Rp35.000.000




  • Bagikan