Bawaslu Bandarlampung Temukan 270 Pemilih Bermasalah

  • Bagikan
Ketua Bawaslu Kota Bandarlampung Candrawansyah dan jajaran beserta Ketua KPU Kota Bandarlampungh Deddy Triyadi saat pleno. Foto ist

RADARLAMPUNG.CO.ID-Bawaslu Kota Bandarlampung menemukan 270 pemilih bermasalah yang ada pada Daftar Pemilih Berkelanjutan (DPB). Temuan tersebut didapati saat pleno yang dilakukan KPU Kota Bandarlampung, Senin (4/10).

Ketua Bawaslu Kota Bandarlampung Candrawansyah mengatakan, saat didapati temuan tersebut, pihaknya langsung meminta KPU setempat untuk diperbaiki.


“Ini kita lakukan sampling terhadap daftar pemilih yang terindikasi masih masuk dalam DPB yang seharusnya sudah terhapus tetapi masih ada. Kita minta kepada temen-temen KPU untuk memperbaiki data yang kita temukan tersebut, agar nanti apabila DPB yang menjadi basis data pemilu atau pemilihan dapat lebih valid,” tegasnya.

Candra melanjutkan, diketahui bahwa faftar pemilih ini sangat menentukan dalam setiap pemilihan. Baik itu pemilihan legislative, pilkada, maupun pemilu. Kata Candra, ada berbagai hal juga yang mengacu pada daftar pemilih in. Contohnya, seperti pengadaan logistic, partisipasi pemilih ataupun hasil pemilihan.

Baca Juga:   Lima Kada Habis Masa Jabatan Tahun Depan, 46 Pejabat Pemprov Lampung Berpeluang Jabat Pj. Kada

“Itu semua ditentukan oleh daftar pemilih. Berbeda satu suara saja sudah berbeda hasil. Jadi ini harus benar-benar menjadi perhatian kita bersama keakuratan daftar pemilih ini,” katanya.

Candra bilang, pada pleno selanjutnya, dia meminta ke 270 bermasalah ini sudah tidak tercantum lagi dalam DPB. “Pleno ke depan agar data ini sudah terhapus. Ini rekomendasi dari kami, masukan dari kami agar DPB dari pleno ke pleno bisa lebih baik,” imbuhnya. (abd/rls/wdi)




  • Bagikan