Bawaslu Lamtim Usut PTPS Diduga Tak Netral

  • Bagikan
Anggota Bawaslu Lamtim Winarto.

RADARLAMPUNG.CO.ID-Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Lampung Timur mengingatkan para petugas pengawas tempat pemungutan suara (PTPS) harus netral pada pemilihan bupati dan wakil bupati.

Komisioner Bawaslu Lamtim Winarto menjelaskan, ada laporan yang menyebutkan salah satu PTPS di wilayah Kecamatan Sekampungudik diduga tidak netral. Dalam laporan yang diterimanya, PTPS itu menyediakan rumahnya untuk kampanye salah satu tim pemenangan pasangan calon bupati dan wakil bupati.


“Bila terbukti, kami akan mengambil tindakan tegas bagi PTPS yang terlibat dalam  kampanye pasangan calon bupati dan wakil Bupati,”tegas Winarto, Selasa (1/12).

Dilanjutkan, saat ini Bawaslu Lamtim masih menelusuri kebenaran laporan pelanggaran yang dilakukan salah satu PTPS. “Ada bukti berupa foto yang menunjukan petugas PTPS hadir dalam kampanye paslon nomor 3,” katanya.

Ditambahkan, selain terkait netralitas PTPS, Bawaslu juga akan menelusuri dugaan pelanggaran protokol kesehatan. Sebab, dari bukti foto yang dilampirkan pelapor, masyarakat yang hadir pada kampenye di rumah PTPS tersebut tidak mengenakan masker dan tidak menjaga jarak. (wid/wdi)




  • Bagikan