Bawaslu Pringsewu Klarifikasi Saksi Dugaan Pelanggaran Dua Caleg PKS


radarlampung.co.id – Bawaslu Pringsewu kembali mengklarifikasi sejumlah saksi dugaan pembagian bahan kampanye disertai gula dan kopi pada salah satu kegiatan yang dihadiri caleg Partai Keadilan Sejahtera (PKS).

Keduanya yakni, Caleg DPRD Provinsi Lampung dapil Lampung 3 (Pesawaran, Pringsewu, Metro) Zunianto dan Caleg DPRD Pringsewu Dapil 4 (Pardasuka dan Ambarawa), Heru Novendi.





Ketua Bawaslu Pringsewu Azis Amriwan mengatakan, kedua caleg tersebut hadir dalam kegiatan syukuran khitanan di Pardasuka pada 27 Desember lalu.

“Jadi ada acara syukuran khitanan itu mereka hadir, perkenalan, dan membagikan bahan kampanye berupa stiker, kalender disertai gula 1 Kg dan kopi. Pembagiannya berbarengan dengan besek juga,” kata Aziz saat dihubungi melalui ponselnya, Selasa (8/1).

Setelah ditelusuri dan dilakukan pembahasan awal, sambung Aziz, kemungkinan ada sekitar 70 peserta yang dibagi sembako. “Sementara pemilik rumah yang mengadakan acara tersebut terdata sebagai simpatisan atau timnya atau bukan dari caleg PKS, masih dalam penelusuran,” ujarnya.

Aziz menegaskan, pihaknya resmi mendaftarkan kasus ini sebagai dugaan pelanggaran pemilu. Untuk pelanggaran administrasinya dengan pelapor Panwascam Pardasuka dengan dugaan kampanye tanpa Surat tanda terima pemberitahuan (STTP) Kepolisian.

Sedangkan untuk dugaan pidana pemilunya karena adanya pembagian gula dan kopi dalam pembagian bahan kampanye.

“Pembahasan pidana pemilu sudah dibahasa dalam pembahasan pertama bersama Sentra Gakkumdu dalam pemenuhan syarat materil dan formil Senin (7/1). Dan hari ini (Selasa 8/1) kami mulai menyambangi kantor Panwascam Pardasuka untuk mendengarkan keterangan beberapa saksi,” tandas Aziz. (rma/kyd)