Bawaslu: Seluruh Kecamatan di Mesuji Berkategori Rawan 

  • Bagikan
ILUSTRASI/FOTO NET

RADARLAMPUNG.CO.ID – Pelaksanaan Pemilihan Umum (Pemilu) 2019 hanya tinggal hitungan hari. Beragam potensi kerawanan mulai mengintai. Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Mesuji pun mulai memetakan potensi kerawanan Pemilu 2019 di Mesuji.

Menurut Ketua Bawaslu Mesuji Apri Susanto, politik uang dan daerah rawan distribusi logistik adalah dua pelanggaran yang paling berpotensi terjadi dalam Pemilu 2019.


Hal itu dinilai dapat mencederai terwujudnya semangat demokrasi yang berkualitas dalam Pemilu 2019 yang dapat berakibat munculnya konflik dan gesekan antar pendukung. “Kita sudah petakan daerah rawan politik uang dan daerah rawan distribusi logistik karena daerah yang sulit dijangkau,” kata Apri di kantornya, Senin (25/3).

Dia menambahkan, pemetaan yang dilakukannya mencakup lintas sektoral. “Termasuk data yang ada di kita dari pemetaan itu diketahui semua kecamatan di Kabupaten Mesuji terindikasi rawan Pemilu,” ungkapnya.

Meski begitu, ada tantangan yang harus dipecahkan. Yakni kesulitan optimalisasi pengawasan karena kondisi geografis di Mesuji yang cukup banyak didominasi daerah-daerah perairan.

“Seperti di Kecamatan Mesuji, Mesuji Timur, dan Kecamatan Rawa Jitu Utara. Sebab daerah itu kan daerah pinggiran,” bebernya.

Jelang pemilu yang tinggal hitungan hari, pihaknya akan intensifkan patroli malam semua pengawas di lapangan, termasuk pemantauan kampanye di medsos serta politik uang di masa tenang. (muk/sur)




  • Bagikan