Baznas Tanggamus Buka Layanan Pembayaran Zakat Fitrah hingga H-2 Idul Fitri


RADARLAMPUNG.CO.ID – Baznas Kabupaten Tanggamus akan membuka layanan untuk pembayaran zakat fitrah hingga H-5 atau H-2 Idul Fitri 1443 H . Ini jika animo masyarakat yang bayar zakat masih tinggi.

Menurut ketua Baznas Kabupaten Tanggamus, Ibu Nizar sejak masuk Ramadan kami sudah buka layanan untuk pembayaran zakat fitrah. “Kemungkinan sampai H-5 atau H-2 kalau animo masyarakat yang bayar masih tinggi,” tuturnya.





Menurutnya untuk zakat fitrah, bisa dibayarkan dalam bentuk uang tunai sebesar Rp 37.500 atau beras sebanyak 2,5 kilogram untuk per orangnya. “Besarnya nilai zakat fitrah untuk pembayaran dengan uang masih sama dengan tahun kemarin, tidak ada perubahan,” imbuh Ibnu Nizar.

Menurut Ibnu Nizar, Baznas Tanggamus terbuka menerima zakat fitrah dari siapa saja dan pihak manapun. Dan memang Baznas berhak menerima dan mengelola zakat. “Kalau kami terbuka menerima zakat dari siapa saja, sifatnya umum, terus perorangan boleh dan secara instansi juga bisa,” terangnya.

Dijelaskan Ibu Nizar, Baznas akan menentukan penerima atau mustahiq. Dan sesuai Islam ada delapan golongan yang bisa masuk dalam mustahiq. Golongan itu yakni, fakir, miskin, amil, mualaf, riqab, gharim, fi sabilillah, Ibnu sabil.

“Untuk di Tanggamus kami fokuskan ke golongan fakir, miskin, fi sabilillah seperti para guru-guru ngaji, lalu mualaf. Kalau golongan lainnya tidak banyak,” kata Ibnu Nizar

Kemudian untuk pemberiannya kepada para mustahiq sesuai aturan Islam dilakukan sebelum Idul Fitri. “Bagi masyarakat atau muzaki yang ingin membayar zakat silakan datang langsung ke Baznas Tanggamus di Pekon Kutodalom, Kecamatan Gisting. Mulai pukul 9.00 WIB sampai 15.30 WIB pada hari kerja,”tandas Ibnu Nizar.(ehl/rnn/ang)