BBPOM dan Polda Lampung Buru Pemasok Kosmetik Ilegal

  • Bagikan

radarlampung.co.id – Balai Besar Pengawasan Obat dan Makanan (BBPOM) Bandarlampung saat ini masih memburu pemasok kosmetik tanpa izin edar BBPOM RI. Hal itu diungkapkan, Kepala BBPOM Bandarlampung Syamsuliani.

“Pemasok sendiri masih dilakukan pengembangan lebih lanjut oleh pihak kepolisian,” ujar Syamsuliani, Senin, (23/7).

Syamsuliani mengungkapkan, kebanyakan kosmetik tersebut berasal dari Pekan Baru dan Jambi. Namun, untuk bahan baku sendiri dari luar Indonesia.

“Barang itu dari Pekan Baru dan Jambi, kemudian dikirim ke Jakarta untuk dikemas kembali setelah itu baru di edarkan oleh distributornya,” kata dia.

Menurutnya, Pekan Baru dan Jambi hanya dijadikan tempat translit untuk bahan baku pembuatan kosmetik.

“Kami masih mencari tahu juga bahan baku tersebut dari mana. Tapi, yang jelas bukan dari Indonesia. Karena kami belum dapat data yang kongklit,” paparnya.

Baca Juga:   Polisi Bakal Usut Soal Orderan Fiktif

Dia menambahkan, pengiriman kosmetik yang dilakukan para pelaku banyak bermacam caranya, salah satu dengan cara membuat kosmetik terbentuk bal-balan dan ia menduga pelaku masih pemain lama.

“Inikan banyak modus cara pengiriman nya, tapi masih kami pelajari modus pengirimannya. Kalau untuk saat ini kami baru dapat dari distributornya dan hanya putus disitu, sehinga pelakunya belum bisa terungkap,” tandasnya.

Selain mengamankan kosmetik tanpa izin edar, pihaknya pun menyita kosmetik berbahaya.

“Kalau Kosmetik berbahaya itu yang fungsinya sebagai pemutih seperti temulawak,” kata dia. (ndi/ang)




  • Bagikan