Beber Hasil Sensus, BPS Lampung: Jumlah Penduduk Pria Lebih Banyak Dibanding Wanita

  • Bagikan

RADARLAMPUNG.CO.ID – Jumlah penduduk berjenis kelamin laki-laki lebih banyak dibandingkan penduduk perempuan. Hal itu berdasarkan hasil data Sensus Penduduk tahun 2020 oleh Badan Pusat Statistik (BPS) Lampung.

Kepala BPS Lampung Faizal Anwar mengatakan, jumlah penduduk laki-laki sebanyak 4,62 juta orang atau 51,25 persen dari penduduk Lampung. Sedangkan, penduduk wanita berjumlah 4,39 juta orang atau 48,75 persen.


“Itu hasil dari sensus penduduk pada September 2020 lalu,” katanya, Kamis (21/1).

Lebih lanjut ia menjelaskan, struktur umur penduduk Lampung didominasi oleh milenial dan generasi Z. Di mana, dari jumlah penduduk Lampung yang mencapai 9,01 juta jiwa, generasi milenial mendominasi mencapai 26,54 persen.

“Untuk generasi Z 27,80 persen. Dua generasi tersebut termasuk dalam usia produktif pada tahun 2020. Artinya, generasi ini menjadi peluang untuk mempercepat pertumbuhan ekonomi,” ujarnya.

Baca Juga:   22 Ribu Guru di Lampung Telah Divaksinasi

Sensus penduduk, lanjutnya, masih akan dilanjutkan pada Septmber 2021 dengan lebih detail. Metode pengumpulan data menggunakan CAPI atau computer assisted personal interviewing, dan PAPI (pencil and paper interviewing).

Lalu, variabel yang dikumpulkan terdiri dari individu, fertilitas dan mortalitas, migrasi, ketenagakerjaan, disabilitas, pendidikan, dan perumahan. (rur/sur)




  • Bagikan