Begini Kalau Ribuan Motor Jalan Bersamaan..(Video)

  • Bagikan

radarlampung.co.id – Kita melihat saat ini semakin banyak motor di jalanan Indonesia, baik itu motor kecil maupun motor besar. Meski jumlah mobil juga bertambah, namun peningkatan jumlah motor lebih pesat.

Berikut video penampakan ribuan sepeda motor yang memadati sebuah jalanan di China. Begitu banyaknya motor di video viral tersebut.


Data Korlantas Polri menyebut angka 126 juta unit kendaraan (mobil, motor, bus, truk, dan sebagainya) ada di Indonesia. Dari jumlah itu, menurut data AISI (Asosiasi Industri Sepeda Motor Indonesia) jumlah motor ada 85 juta unit. Berarti jumlah motor lebih banyak dibanding kendaraan roda empat atau lebih.

Secara global, jumlah kendaraan di seluruh dunia, menurut riset Wards Auto tahun 2014, ada sekitar 1,2 miliar unit. Diprediksi pada tahun 2035 akan ada 2 miliar kendaraan di Bumi.

Baca Juga:   Orang Tua dr.Restu Pamanggih Sempat Shock dengar Kabar Anaknya

Dari jumlah tersebut, populasi sepeda motor hanya tercatat kurang dari separuhnya. Memang secara global sepeda motor hanya menjadi primadona di China, India, Indonesia, dan Vietnam. Di kawasan Eropa, Amerika Utara, dan Amerika Selatan, mobil lebih populer.

Di Negeri Gandi, populasi motor hingga akhir tahun 2015 tercatat 118 juta unit. Dan diprediksi menjelang 2020 akan mencapai 260 juta unit.

Sementara itu, di Negeri Tirai Bambu, diperoleh informasi bahwa dari setiap lima warga ada satu motor. Lantaran populasi penduduk China tahun ini sekitar 1,4 miliar jiwa, maka jumlah motornya sekitar 200—300 juta unit.

Vietnam dan Thailand disebut-sebut juga sebagai negara dengan pengguna motor yang relatif banyak. Namun, sebagaimana pernah diungkapkan oleh Johannes Loman yang kini menjadi ketua AISI, populasi absolutnya jauh di bawah negara-negara besar seperti Indonesia, China, dan India.

Baca Juga:   Berhembus Kabar Kepala Diskes Bandarlampung Dicopot

“Penjualan motor di Jawa Barat dan Jawa Timur saja sudah mengunguli jumlah penjualan seluruh Thailand,” ujar Loman yang juga pernah menjabat presdir Astra Honda Motor (AHM) ini seperti dilansir motomaxx.id. Sebagai informasi, di Vietnam saat ini ada sekitar 37 juta unit motor. (mmx/rlo/gus)




  • Bagikan