Begini Seharusnya, Ekonomi Meningkat, Mundur Dari Kepesertaan PKH

  • Bagikan
Penerima program keluarga harapan (PKH) yang sudah mengundurkan diri  dari kepesertaan (graduasi mandiri). FOTO DOKUMEN PENDAMPING PKH LAMPUNG BARAT
Penerima program keluarga harapan (PKH) yang sudah mengundurkan diri  dari kepesertaan (graduasi mandiri). FOTO DOKUMEN PENDAMPING PKH LAMPUNG BARAT

radarlampung.co.id – Merasa tidak layak lagi menerima bantuan, 19 peserta Program Keluarga Harapan (PKH) di Lampung Barat mengundurkan diri dari kepesertaan. Alasannya, kehidupan ekonomi keluarga mulai meningkat.

Koordinator Kabupaten (Korkab) PKH Lampung Barat Arsyah mengatakan, peserta PKH yang mundur secara sukarela (graduasi mandiri) sudah merasa mampu secara ekonomi. ”Karena merasa sudah cukup mampu, mereka malu jika terus menerus tergantung dengan bantuan dari program pemerintah,” kata Arsyah, Selasa (19/3).


Arsyah meneruskan, secara bertahap dan berkelanjutan, pendamping PKH memberikan edukasi serta pemahaman kepada masyarakat, khususnya penerima bantuan agar mengundurkan diri dari kepesertaan jika sudah mampu secara ekonomi.

”Kita berupaya merubah mindset peserta. Semua butuh proses. Semoga ke depan peserta PKH yang sudah merasa mampu untuk bisa mengundurkan diri dari kepesertaan, mengikuti jejak warga lainnya,” tegas dia.

Baca Juga:   Ratusan Penerima PKH di Sukau Graduasi Massal

Pada bagian lain, Kabid Perlindungan Jaminan Sosial Fery Istanto mewakili Kepala Dinas Sosial (Dinsos) Lampung Barat Raswan mengatakan, proses graduasi ini memasuki tahap tanda tangan surat pernyaraan. Selanjutnya dimutakhirkan melalui SIM PKH untuk digunakan sebagai acuan final closing tahap tiga.

“Tentu kita sangat mengapresiasi mundurnya peserta PKH yang telah merasa mampu (secara ekonomi) tersebut. Melalui PPKH, kita terus memberikan pemahaman kepada peserta, khususnya yang sudah merasa mampu untuk segera mengundurkan diri,” kata dia. (nop/ais)




  • Bagikan