Belajar Jadi Kunci Dalam Berinvestasi

  • Bagikan
Roy Sembel saat membagikan kiat berinvestasi dalam seminar yang digelar AMA chapter Lampung di Hotel Bukit Randu, Jumat (8/3) malam. Foto Elga Puranti/radarlampung.co.id

Radarlampung.co.id – Uang kaget tidak akan menyelesaikan masalah, melainkan hanya akan menambah masalah. Demikian diungkapkan Prof. Ir. Roy Sembel MBA, Ph.D, CSA, Direktur The Jakarta Futures Exchange, dalam seminar Asosiasi Manajemen (AMA) chapter Lampung di Hotel Bukit Randu Bandarlampung, Jumat (8/3). 

Mengusung tema Rahasia Pohon Duit dan Mesin Uang, dalam seminar tersebut, Roy Sembel memberikan beragam kiat untuk sukses berinvestasi. “Dalam investasi yang dibutuhkan hanya learning (belajar, Red),” kata Roy di hadapan seluruh peserta seminar.

Pertama, kata dia, yakni belajar tentang instrumen investasi. Ini terkait tentang cara mendapatkan untung dan lain-lain. Kemudian, belajar tentang mekanisme transaksi, pasar dan lain-lain. Lalu belajar tentang strategi berinvestasi. Setelah itu, belajar mempraktekan ilmu investasi dengan simulasi. 

“Dan yang terakhir itu belajar mengendalikan emosi. Karena dalam investasi, sepintar apapun kita akan sulit kalau masih dikuasai emosi,” tambahnya. 

Selain itu, sambung dia, seorang yang ingin mulai berinvestasi juga harus terlebih dahulu mengenal situasi. “Kemudian juga harus punya visi masa depan, barulah bisa merencanakan strategi apa yang harus diambil dalam berinvestasi. Setelah itu, masih harus dilaksanakan strateginya sesuai dengan sistem dan dipantau realisasinya,” tandasnya. 

Seentara itu, Ketua AMA chapter Lampung, Alex Tribuana Sutanto mengatakan, selain mengisi materi dalam seminar rutin AMA, Roy Sembel juga akan hadir dalam seminar Seminar Business Acumen For The Industry 4.0 and Digital Era, yang digelar Institut Informatika dan Bisnis (IIB) Darmajaya berkerjasama dengan AMA Chapter Lampung. 

Kegiatan ini akan dilangsungkan di gedung Alfian Husin IIB Darmajaya, lantai tiga, Sabtu (9/3),  pukul 09.00 WIB. Selain diikuti oleh anggota Asosiasi Perguruan Tinggi Swasta Indonesia (Aptisi), kegiatan ini juga dibuka untuk umum. 

“Seminar ini merupakan kerjasama antara AMA chapter Lampung dengan IIB Darmajaya. Kedepannya, AMA juga akan menjalin kerjasama dengan perguruan tinggi lainnya untuk menggelar seminar-seminar serupa untuk berbagai ilmu manajemen,” katanya. 

Alex melanjutkan, AMA chapter Lampung setiap bulan menggelar seminar manajemen secara rutin. Dalam seminar-seminar yang dilangsungkan tersebut juga selalu menghadirkan narasumber dan materi yang berbeda. Untuk dapat mengikuti seminar tersebut, peserta dapat membayar biaya registrasi sebesar Rp400 ribu, atau Rp200 ribu per orang dengan pendaftaran 10 orang dalam 1 grup. 

Sementara, untuk member ship dikenakan biaya sebesar Rp2,4 juta per orang dan free untuk mengikuti semua kegiatan AMA chapter Lampung. Atau bisa juga dengan biaya Rp500 ribu dan diskon sebesar 50 persen untuk tiap kali kegiatan seminar AMA chapter Lampung. (Ega/kyd)


Baca Juga:   PLN Cetak Laba Bersih Rp6,6 T di Semester I 2021


  • Bagikan