Lambar  

Belasan Ekor Gajah Numpang Mandi di Danau Asam


Belasan ekor gajah terpantau sedang mandi di Danau Asam, Pekon Gunungratu, Kecamatan Bandarnegeri Suoh (BNS), Lampung Barat. FOTO DOKUMEN TNBBS

RADARLAMPUNG.CO.ID – Delapan belas ekor gajah yang sebelumnya digiring menuju Gunung Ayem dan sempat memasuki hutan TNBBS, kembali ke Pekon Gunungratu, Kecamatan Suoh (BNS). Jaraknya sekitar satu kilometer dari pemukiman.

Kawanan gajah ini juga sempat mandi di Danau Asam, tidak jauh dari kantor TNBBS Resort Suoh, Rabu (30/3). Masyarakat tidak bisa berbuat banyak dan berencana membiarkan kawanan hewan berbelalai itu tanpa blokade.





Anggota DPRD Lambar Sugeng Hari Kinaryo Adi yang bersama masyarakat memantau langsung kawanan gajah mengungkapkan, keberadaan satwa itu kurang dari satu kilometer dari pemukiman pada saat siang  hari.

”Kawanan gajah ini biasanya bermain di belakang kantor Resort TNBBS. Tadi pagi terpantau sedang mandi di Danau Asam. Biasanya pada saat malam, mereka akan bergeser di sekitar pelelangan. Berjarak sekitar 1,5 kilometer dari permukiman,” kata Sugeng Hari.

Dengan konflik yang terus terjadi, terus Sugeng, masyarakat harus benar-benar siap berdampingan dengan gajah. Tidak lagi banyak upaya yang akan dilakukan, seperti blokade dan lainnya.

”Jadi masyarakat sudah harus siap hidup berdampingan dengan gajah. Tinggal lagi masyarakat melakukan ronda malam. Jangan sampai kawanan gajah ini masuk pemukiman yang bisa menimbulkan korban jiwa dan menyebabkan kerugian bagi masyarakat. Salah satu cara yang efektif agar kawanan gajah tidak mendekat, dengan membakar ban di pojok-pojok kampung,” ujarnya. (nop/ais)