Lamtim  

Belum Terima Siltap TW 1, Perangkat Desa Asahan Mengeluh


RADARLAMPUNG.CO.ID – Pemerintah Kabupaten Lampung Timur telah membayarkan penghasilan tetap (Siltap) perangkat desa periode Januari hingga Maret 2022 (Tri Wulan 1).

Namun, dari 264 desa yang ada di Lamtim ada salah satu desa yang belum menerima Siltap Tri Wulan 1. Yaitu, sejumlah perangkat Desa Asahan Kecamatan Jabung. Itu sebagaiamana diungkapkan Umar salah satu perangkat Desa Asahan, Rabu (4/5).





Menurutnya, sedikitnya ada 14 perangkat Desa Asahan yang belum menerim Siltap Tri Wulan  (TW) 1, hingga awal Mei 2022 ini, Siltap perangkat Desa Asahan Kecamatan Jabung belum juga dibayarkan. Alasannya, perangkat desa yang berstatus Plt tidak bisa menerima Siltap. Itu sebagaimana ketentuan Peraturan Bupati (Perbub) nomor 2 tahun 2022 yang ditandatangani Bupati pada 3 Januari 2022.

Baca Juga:   Pencanangan Imunisasi, Pemkab Lamtim Sasar 194.178 Anak

Padahal lanjutnya, berdasarkan hasil rapat perangkat desa yang dilaksanakan pada 19 April 2022 lalu antara lain telah memutuskan, akan segera menggelar penggantian antar waktu (PAW) Kepala Desa. Kemudian, perpanjangan Surat Keputusan (SK) pengangkatan Pelaksana Tugas (Plt) perangkat desa.

“Kami juga menyayangkan pihak kecamatan dan kabupaten tidak pernah memberitahukan sebelumnya mestinya kami harus bagaimana,” keluh Umar yang menjabat Plt. Kaur Keuangan Desa Asahan.

Karenanya, Umar berharap Pemkab Lamtim memberikan solusi terbaik. Sebab, permasalahan itu muncul menjelang PAW Kades Asahan. “Kami juga berharap, DPRD Lamtim melaksanakan fungsi pengawasannya,” harap Umar.

Menanggapinya, Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (PMD) Lamtim Yudi Irawan menjelaskan, tidak dibayarkannya Siltap perangkat Desa Asahan antara lain karena pengangkatan Plt perangkat desa tersebut tidak sesuai ketentuan. Kemudian, sesuai ketentuan yang berlaku Siltap memang diberikan kepada perangkat desa yang definiti. (wid/ang)

Baca Juga:   Lamtim Siap Berangkatkan 293 CJH