Bencana Puting Beliung, 165 Rumah Warga di Waykanan Rusak

  • Bagikan
Beberapa petugas membantu saat evakuasi rumah warga yang diterpa angin puting beliung di Waykanan. FOTO HERMANSYAH FOR RADARLAMPUNG.CO.ID

RADARLAMPUNG.CO.ID – Bencana angin puting beliung melanda sejumlah daerah di wilayah Kabupaten Waykanan. Tercatat ada sekitar 165 rumah warga yang rusak. Beruntung dalam peristiwa ini tidak menimbulkan korban jiwa.

Atas kejadian ini, tim gabungan dari dari BPBD Waykanan beserta TNI dan Komunitas Radio Antar Provinsi (RAPI) turut melakukan bantuan langsung dan mengevakuasi dan memperbaiki rumah warga yang rusak akibat diterjang oleh angin puting beliung, yang juga disertai hujan.

“Untuk sementara, hasil pemantauan yang kami lakukan di lapangan bahwa untuk di Kecamatan Bumi Agung dan di Kampung Karangan terdapat 60 rumah yang rusak. Sedangkan untuk di Kampung Bumi Agung ada 107 rumah diantaranya 3 rumah rusak berat,” ujar Bismi Janadi kepala BPDB Waykanan.

Bismi -sapaan akrabnya- menambahkan, dengan adanya bencana ini menghimbau kepada seluruh masyarakat khususnya di Waykanan untuk memperhatikan lingkungan disekitarnya. Karena memang hujan disertai angin kencang diperkirakan akan berlangsung hingga beberapa kali kedepan.

”Kepada masyarakat Waykanan kami menghimbau agar pepohonan yang ada di sekitar rumah dan jalan harap di tebas jika terlalu rimbun. Karena kalau ada bencana seperti ini maka itu akan sangat membahayakan masyarakat itu sendiri,” imbaunya.

Lalu, atas peristiwa ini pihaknya telah mengambil beberapa hal dimana antara lain melakukan pemantauan dan memberikan bantuan kepada para korban dan hingga sore hari ke seluruh rumah yang terdampak bencana. “Rumah yang rusak ringan maupun berat juga sudah kita perbaiki sebagian. Tidak hanya kami yang melakukan bantuan, tetapi ada juga dari Dinas Sosial Waykanan untuk memberikan bantua beruapa makanan cepat saji maupun perlengkapan lainnya,” pungkasnya. (sah/ang)




  • Bagikan