Bendungan Way Sekampung Beroperasi, Sawah di Kabupaten Ini Bisa Teraliri

  • Bagikan
Foto tangkap layar Presiden Jokowi saat meresmikan Bendungan Way Sekampung, di Pringsewu Kamis (2/9). Foto Rimadani Eka Mareta/radarlampung.co.i

RADARLAMPUNG.CO.ID-Bendungan Way Sekampung telah diresmikan oleh Presiden Joko Widodo. Dampak positifnya, dua kecamatan di Pesawaran, Kecamatan Negerikaton dan Tegineneng bisa menerima manfaat aliran bendungan untuk penyediaan air sawah.Namun, tentu harus dibangun infrastruktur penunjang agar pemanfaatan air dari bendungan tersebut bisa mengairi sawah warga.

“Iya betul, dua kecamatan yakni Negerikaton dan Tegineneng kan tadah hujan. Bisa mendapatkan air dari Bendungan Way Sekampung. Tinggal membangun saluran primer,”ungkap Kepala Dinas Pertanian Pesawaran, Anca Martha Utama.


Untuk mampu mengairi sawah di dua kecamatan tersebut lanjut Anca diperlukan saluran primer untuk membagi air dari Bendungan Way Sekampung tersebut.

“Kalau sudah ada pintu airnya, tinggal dibagi dan dialirkan di dua kecamatan tersebut. Dan memang dua kecamatan itu masih mengandalkan tadah hujan untuk mengairi sawah,” ucapnya.

Baca Juga:   Gubernur Lampung, Ancam Tutup Perusahaan yang Lakukan Pelanggaran

Ditambahkan Kepala Bidang Tanaman Pangan, Andriansyah, meski secara geografis Pesawaran hanya dilalui aliran irigasi Way Sekampung. Namun perlu dibangun saluran primer untuk membagi air untuk penyediaan air bagi sawah di Negerikaton dan Tegineneng.

“Itu (aliran Bendungan) kan cuma lewat Metro dan Lampung Timur kecuali dibangun infrasturktur tambahan. Dan menjadi kewenangan balai besar. Namun kita bisa memanfaat air melalui Bendungan tersebut dengan membangun saluran primer,”singkatnya. (ozi/wdi)




  • Bagikan